Karyawan Among Tirto Sisihkan Gajinya Untuk Warga Miskin

24 August 2021 - 14:57 WIB

BATU ( SurabayaPost.id ) – Ratusan pegawai Perusahaan Daerah ( Perumdam ) Among Tirto Kota Batu, kompak menyisihkan sebagian gajinya dirupakan ratusan paket sembako disebar kepada masyarakat Kota Batu yang membutuhkan. Aksi tersebut sebagai bentuk rasa syukur mereka karena gajinya tak pernah telat, selama menjadi karyawan Perusahaan Daerah ( Perumda) Among Tirto, Kota Batu.

Hal tersebut, disampaikan Direktur PDAM Kota Batu Edi Sunaedi, Selasa ( 24/8/2021).

“Tak hanya itu, PDAM juga menggratiskan bagi pelanggan golongan rumah tangga 1dan 2 serta golongan sosial, untuk golongan rumah tangga 3,4 niaga industri kita beri diskon 10% pemakaian air,” kata Edi.

Intinya, kata dia, terkait aksi sosial tersebut,keluarga besar PDAM Kota Batu, mendapat gaji rutin tiap bulan dan tidak pernah terlambat gajinya.Dari situ, tengah memantik reaksi mereka sebagai bentuk rasa empatinya ditengah kubangan pandemi covid – 19 ini, ingin berbagi kepada sesamanya.

” Kita biasakan tradisi saling membantu dengan berbagi pada sesamanya.Sekaligus sehubungan dengan peringatan HUT RI ke 76 tahun 2021, merupakan kegiatan Bantuan Sosial (Bansos) sejumlah 400 paket sembako yang terkumpul sumber keuangannya berasal dari  tangan – tangan dinginnya mereka ,” ungkapnya.

Itu, ungkap dia, sejumlah ratusan paket sembako tersebut, menurutnya disalurkan  kepada masyarakat Kota Batu yang sedang isolasi mandiri ( Isoman) dan keluarga yang berduka serta  masyarakat yang meninggal dunia akibat Covid-19.

” Sekaligus disalurkan kepada para Pedagang Kaki Lima ( PKL)  yang dilakukan secara langsung oleh mereka, termasuk kita ikut turun langsung kesasarannya ,” ngakunya.

Itu, lamjut dia, bantuan yang dimaksud, salah satu bentuk simpati dan kepedulian kepada masyarakat Kota Batu yang berada pada sebaran wilayah pelayanan.

” Bantuan ini merupakan bentuk penyisihan sebagian gaji seluruh karyawan Perumdam Among Tirto Kota Batu,” paparnya.

Terlebih papar dia, perekonomian masyarakat bagi kalangan keluarga yang tidak mampu.Dengan demikian, jajaran pegawai PDAM Batu kompak tergerak untuk mengumpulkan dana patungan seiklasnya .

” Guna membantu masyarakat yang kurang mampu. Sejumlah 400 paket berupa kebutuhan dapur yang kita salurkan.Berisi beras, madu, dan minuman pokak sebagai tambahan suplemen kepada warga terdampak pandemi Covid-19 yang tersebar di Kota Batu,” jelasnya.

Selain itu, jelas dia, bantuan yang diperoleh dari swadaya para pegawai tersebut, dijelaskannya disalurkan sejak, Senin 23/8/2021

hingga saat ini,dan sasarannya ditegaskan dia.

” Diberikan pada tiga kategori antara lain pedagang kecil yang tidak bisa berjualan di sekolah-sekolah akibat adanya Pembelajaran Tatap Muka (PTM), keluarga korban yang meninggal akibat Covid-19, dan warga yang Isoman ,” bebernya.

Yang perlu dinformasikan, dari sejumlah 100 pegawai yang ada di Perumdam Among Tirto Kota Batu, telah terkumpul dana swadaya sebanyak Rp 35 Juta.

” Alhasil iktiyar teman – teman yang ada di Perumdam bisa terwujud. Ditengah pandemi saat ini kami berusaha berbuat yang terbaik dan bisa melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk warga Kota Batu,”kelakar Edi, sembari berharap apa yang ia lakukan bisa bermanfaat bagi semua masyarakat Kota Batu (gus)