Kemenkes Gandeng TNI/Polri Gelar Vaksinasi Secara Massal

23 June 2021 - 23:02 WIB
Kemenkes bersama TNI/Polri saat menggelar vaksinasi massal di Kota Batu.

BATU (SurabayaPost.id) – Kemenkes menggandeng TNI dan Polri, menggencarkan target satu juta vaksin per hari. Untuk itu, mereka menggelar vaksinasi massal pada  para pekerja sektor pariwisata di Jatim Park 2, Kota Batu, Rabu (23/6/2021).

Hal itu dilakukan dengan  tujuan menambah cakupan vaksin skala nasional yang didistribusikan sebanyak 700 ribu dosis.

Yang perlu diketahui, program antivirus pelaksanaan vaksinasi masal tersebut, dibagi, 40 persen yang akan dilaksanakan oleh TNI POLRI dan 60 persen nya akan dilakukan oleh Kemenkes melalui pemerintah daerah setempat. 

Menurut Kapolres Kota Batu ,AKBP Catur C Wibowo SIK MH, vaksinasi massal itu untuk mengejar ketertinggalan. Karena cakupan vaksinasi masih terbilang rendah. 

“Dengan adanya vaksinasi massal ini diharapkan bisa segera mewujudkan kekebalan kelompok dari paparan Covid-19,” katanya.

Oleh karena itu, diharap pula, vaksinasi tersebut, bisa berjalan secara maksimal. Agar kekebalan dalam masyarakat bisa meningkat dan menjadi sehat.

“Terkhusus bagi pekerja wisata di Kota Batu yang bersentuhan langsung dengan banyak orang,” paparnya.

Selanjutnya, pucuk pimpinan Polres Batu yang sapaan akrabnya Catur ,paparkan jumlah alokasi vaksin untuk di Kota Batu.

“Kota Batu mendapatkan alokasi vaksin  1520 dosis atau 152 vial vaksin multidose buatan sinovac. Alokasi vaksin ke Kota Batu akan dilakukan dua tahap pada Rabu ini (23/6/2021)  dan Jum’at besok (25/6/2021),” terangnya. 

Begitu pula pada minggu-minggu setelahnya, papar dia, akan terus dilakukan vaksinasi secara massal dengan catatan Polres Batu kembali menerima alokasi vaksin dari Pemerintah Pusat.

“Karena kekebalan kelompok sangat diperlukan agar mengantisipasi munculnya klaster baru. Pihak kepolisian juga turut berjaga saat pelaksanaan vaksinasi massal. Hal ini untuk mengurai peserta agar tak menimbulkan kerumunan yang menjadi salah satu faktor resiko penularan,”tegasnya.

Itu, tegas dia, sasarannya  vaksinasi ini, menurutnya ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat.Namun karena Kota Batu sebagai Kota Wisata, menurutnya yang diutamakan dulu kepada para pelaku wisata.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu, dr Susana Indahwati mengaku  untuk vaksinasi hari ini  menargetkan sejumlah 750 orang yang ikut vaksin. Begitu juga dengan hari Jumat mendatang. 

“Untuk target vaksinasi pada hari ini, semuanya berasal dari pelaku wisata. Dilaksanakan di Jatim Park dua. Sedangkan pada hari Jumat mendatang akan dilakukan vaksinasi kepada pedagang, pemilik warung dan pegawai Pemkot,” jelasnya. 

Lebih lanjut, jelas dia, untuk vaksinasi kepada orang-orang yang mengalami gangguan jiwa, pihaknya masih menunggu alokasi vaksin ke Kota Batu.

 “Di Kota Batu ada sekitar 200 orang yang mengalami gangguan bakal divaksinasi. Nantinya vaksinasi akan dilakukan pada setiap puskesmas-puskesmas di Kota Batu. Orang gangguan jiwa yang akan divaksinasi itu meliputi stres, psikotik dan lainnya,” urainya. (Gus)