Lantik Tiga Kades, Wali Kota: Semoga Bisa Jalankan Amanah

16 January 2019 - 15:22 WIB
Wali Kota Hj Dewanti Rumpoko saat melantik tiga Kades, di Balaikota Among Tani Kota Batu, Rabu (16/1/2019)
Wali Kota Hj Dewanti Rumpoko saat melantik tiga Kades, di Balaikota Among Tani Kota Batu, Rabu (16/1/2019)

BATU (SurabayaPost.id)  – Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko melantik tiga Kepala Desa (Kades)  terpilih di gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani ,Kota Batu, Rabu (16/1/2019). Tiga Kades yang dilantik itu untuk masa bakti 2019-2025.

Di antara mereka adalah Kepala Desa Pendem, Kepala Desa Mojorejo dan Kepala Desa Tlekung Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Mereka diambil sumpah dan janjinya oleh Wali Kota Dewanti Rumpoko.

Pengambilan sumpah dan janji itu disaksikan  juga Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, Pabung 0818 Batu, dan anggota DPRD Sudiono. Selain itu  dari BPS, Bank Jatim, Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri, Sekda beserta jajaran Pimpinan SKPD Kota Batu, Kepala Desa/Lurah se-Kota Batu,serta Kepala BPD, Perangkat Desa dan Panitia Pilkades di tiga desa tersebut.

Dewanti Rumpoko mengakui bila  Pilkades serentak yang diselenggarakan pada tanggal 16 Desember 2018  sangat luar biasa. Menurutnya, masyarakat sangat antusias sekali dan pelaksanaannya  berjalan dengan suasana kondusif, aman terkendali.


“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga di tiga desa yang telah menyiapkan pesta demokrasi ini dengan sebaik-baiknya. Selamat buat Kades yang terpilih, mudah – mudahan  enam tahun kedepan bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh rakyat dengan baik,” pesan Dewanti Rumpoko.

Untuk itu, Wali Kota wanita  pertama di Malang Raya ini, meminta agar  seluruh perangkat desa dan seluruh masyarakat di desa masing masing bisa bekerja sama. Menurut dia apa yang ada dijaga dengan baik, dan mendukung kerja Kades terpilih.

“Setelah saya lantik, para Kades segera melakukan konsolidasi dengan seluruh aparat desanya dan mengajak para peserta pilkades untuk bersama – sama memikirkan bagaimana sebaiknya desa yang dipimpin. Sehingga mempunyai manajemen yang bagus dan bisa  menjalin persaudaraan dan komunikasi yang baik,” mintanya.

Untuk itu dia juga mengingatkan agar desa hingga kecamatan  sampai Kota bisa mensinergikan program program pembangunannya. Sehingga berkesinambungan. Mengingat, kata dia, sesuai dengan visi misi Kota Batu, Desa Berdaya, Kota Berjaya yang diinginkan.

“Karena itu, program dari desa sangat penting. Program  apa yang bisa membuat masyarakatnya berdaya. Sebab ketika desa berdaya, otomatis kota ini akan berjaya dan akan menjadi makmur,” pungkasnya. (gus)