Maju Pilkada 2020, Paket SN-KT Daftar di KPU Malaka

5 September 2020 - 23:26 WIB
Penyerahan berkas pencalonan dari bakal calon Bupati Malaka Periode 2021-2025 kepada Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak, Sabtu (05/09/2020).

BETUN (SurabayaPost.id)-Bakal paket atau pasangan calon (paslon) Dr Simon Nahak, SH, MH dan Lousie Lucky Taolin, SSos yang dikenal dengan SN-KT, Sabtu (05/09/2020) sore sekira pukul 15.12 wita mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pendaftaran itu dilakukan Paket SN-KT untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malaka 9 Desember 2020.

Paket SN-KT bersama Tim Penghubung dan para pimpinan partai pengusung tiba di halaman Kantor KPU Malaka sekira pukul 15.00 wita.

Simon Seran Fahik (kiri) menerima Berita Acara Penyerahan Berkas dari Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak (kanan berdestar) di Kantor KPU Malaka, Sabtu (05/09/2020).

Di pintu masuk kantor, Paket SN-KT bersama tim penghubung dan para pimpinan partai pengusung diterima secara adat melalui sapaan adat yang dilakukan seorang tetua adat.

Di pendopo utama, SN-KT menyerahkan dokumen berkas bakal paslon kepada Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak setelah petugas medis melakukan penyemprotan disinfektan.

Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak kemudian membuka secara resmi pendaftaran bakal paslon hari kedua ini.

Selanjutnya, Yosef Nahak selaku Ketua Tim Verikator KPU Malaka menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pemeriksaan dokumen berkas pencalonan dan berkas calon.

Menurut Yosef, dalam dokumen berkas pencalonan, yang diperiksa adalah antara lain bakal paslon harus bisa menunjukkan hasil pemeriksaan swab yang menyatakan bakal paslon bebas Covid-19.

Selain harus menunjukkan hasil pemeriksaan swab, dokumen lain yang harus dipenuhi bakal paslon adalah Surat Pernyataan Calon, Surat Keputusan Partai Politik Pengusung dan Visi Misi Paslon.

Sekira pukul 15.38 wita, Yosef menginformasikan melalui pengeras suara kalau dokumen syarat pencalonan memenuhi syarat, lengkap dan diterima.

Atas informasi Yosef, Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak menjelaskan, oleh karena dokumen syarat pencalonan menenuhi syarat, lengkap dan diterima maka selanjutnya Tim Verifikator KPU Malaka akan melakukan verifikasi terhadap syarat calon, ada atau tidak.

Paket SB-KT pose bersama komisioner KPU dan Bawaslu Malaka bersama para pimpinan partai pengusung.

Saat verifikasi berlangsung, massa keluarga duduk lesehan di halaman kantor KPU. Sedangkan bakal paslon SN-KT, pengurus partai baik propinsi maupun kabupaten dan tim penghubung berada di halaman dalam kantor KPU Malaka.

Terpantau, aparat keamanan dari unsur kepolisian, TNI dan Pol PP tampak berjaga-jaga di halaman Kantor KPU Malaka.

Massa keluarga yang membludak mengawal bakal paslon SN-KT kemudian diarahkan aparat keamanan ke Terminal Betun.

Kabag Ops Polres Malaka Kompol Yanuarius Seran tampak meminpin langsung anggota dan aktif memberi petunjuk kepada anggota untuk menertibkan massa SN-KT.

Untuk maju Pilkada Malaka, Paket SN-KT diusung tiga partai politik, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan jumlah total kursi di DPRD Kabupaten Malaka sebanyak lima kursi.

Perindo satu kursi, PSI satu kursi dan PKB tiga kursi. (cyk)