Optimalkan Penjualan Online 1000 Usaha Kecil, Bukalapak Gandeng GrabExpress

Komunitas Bukalapak Malang dan Surabaya foto bersama  dengan GrabExpress. Bukalapak Gandeng GrabExpress Optimalkan Penjualan Online 1.000 Usaha Kecil di 10 Kota Besar.
Komunitas Bukalapak Malang dan Surabaya foto bersama  dengan GrabExpress. Bukalapak Gandeng GrabExpress Optimalkan Penjualan Online 1.000 Usaha Kecil di 10 Kota Besar.

MALANG  (SurabayaPost.id) – Bukalapak menggandeng GrabExpress untuk membantu 1000 usaha kecil di 10 kota. Harapannya agar penjualan online dari ribuan usaha kecil itu optimal.

Untuk itu, Bukalapak yang membawa misi memberdayakan usaha kecil di Indonesia agar bertumbuh itu menggelar roadshow, Senin  (25/2/2019). Roadshow tersebut menjadi ajang berdiskusi, berbagi, dan belajar tentang bisnis online.

“Wujud komitmen GrabExpress untuk mendukung pertumbuhan bisnis wirausahawan lokal melalui layanan pengiriman barang yang mudah, cepat, dan aman dengan pilihan layanan Rush Delivery bagi pelanggan Bukalapak,” kata Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak.

Dijelaskan dia bila  Bukalapak, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia bekerja sama dengan Grab, Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Indonesia. Itu kata dia untuk menghadirkan ‘Roadshow Kopdar Komunitas’ di 10 kota besar di Indonesia.

Roadshow yang akan mulai dilakukan pada Februari hingga Juni 2019 ini, menurut dia, akan memberikan kesempatan bagi 1.000 usaha kecil. Mereka diajak  untuk berdiskusi, berbagi, dan belajar tentang bisnis online bersama mentor dari Bukalapak dan GrabExpress.

Tema yang diusung, kata ia,  “Mengoptimalkan Penjualan Online di Bukalapak”. Sesuai rencana, roadshow tersebut  akan digelar di Jakarta, Semarang, Solo, Yogyakarta, Kudus, Malang, Surabaya, Denpasar, Manado dan Makassar.

Dalam rangkaian roadshow ini, kata Fikri, Bukalapak juga akan memberikan edukasi kepada usaha kecil tentang cara berbisnis secara online di Bukalapak dan meningkatkan keterampilan untuk mengoptimalkan bisnis mereka. Layanan pengiriman barang instan, GrabExpress juga memberikan kemudahan dengan fitur Rush Delivery untuk mendukung kualitas layanan usaha kecil.

“Layanan ini memberikan kepastian bagi pelanggan Bukalapak bahwa barang yang dikirim akan tiba dalam waktu 2-5 jam kepada pelanggan. Itu penting,” papar Muhammad Fikri.

Menurut  Head of Community Management Bukalapak ini, ”Logistik merupakan salah satu tantangan bagi industri e-commerce dan juga para pelapak. Sebab,  rendahnya ketepatan waktu akan berpengaruh terhadap kinerja bisnis usaha kecil,” papar dia.

Makanya dia mengaku senang dapat bekerja sama dengan GrabExpress.  Khususnya dalam menghadirkan layanan Rush Delivery, yang akan membantu pelapak menjaga kepuasan pelanggan. “Saat ini kami memiliki lebih dari 50 juta pengguna yang terhubung kepada 4 juta pelapak dalam platform kami,” jelasnya.

Muhammad Fikri juga menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan kerjasama ini akan dikembangkan juga di kota-kota lain.  Saat ini, layanan GrabExpress Rush Delivery telah melayani 56 kota di seluruh Indonesia, dan akan terus meningkatkan layanan dan memperluas jangkauan seiring dengan pertumbuhan bisnis e-commerce seperti Bukalapak.

Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia menjelaskan, “Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting dalam industri e-Commerce. Pelanggan selalu berharap mendapatkan layanan yang cepat, terpercaya dan aman. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Bukalapak untuk memperkenalkan bagaimana GrabExpress dapat membantu usaha kecil di Indonesia melalui layanan Rush Delivery.

Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi yang kami miliki, GrabExpress berkomitmen untuk membantu wirausahawan lokal untuk berkembang. “Melalui kerja sama ini, kami mengajak wirausahawan lokal untuk memanfaatkan pendekatan pemasaran digital bisnis dengan efisien dalam mencapai target bisnis mereka,” tuturnya.

Kerja sama ini, kata dia,  mendukung komitmen berkelanjutan Grab yang terangkum dalam Masterplan 2020 Grab 4 Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sebagai kekuatan Indonesia di masa depan. “Itu akan  melalui akselerasi pertumbuhan bisnis e-commerce,” katanya.

Mediko juga menambahkan bahwa pengguna Bukalapak kini juga dapat menemukan berbagai promo pengiriman barang melalui GrabExpress mulai dari cashback bagi pelapak baru, keuntungan paket push bagi pelapak aktif, hingga gratis ongkos kirim bagi pembeli di periode tertentu. Kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan usaha kecil di Indonesia sehingga dapat membantu menciptakan peluang pendapatan bagi 100 juta wirausahawan mikro di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Saat ini, layanan GrabExpress telah tersedia di lebih dari 50 kota dimana layanan Bukalapak tersedia di 139 kota di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Pengguna dapat menikmati layanan GrabExpress menggunakan armada GrabBike dan GrabCar  dengan berbagai fitur dari aplikasi Grab,

“Harapannya dengan adanya kegiatan kopdar ini akan semakin meningkatkan semangat para pelaku usaha kecil untuk mengembangkan bisnisnya secara online. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari GrabExpress, yang tentunya akan bermanfaat untuk optimalisasi bisnis online para pelapak. Hal ini sejalan dengan konsep gotong royong dan kolaborasi yang kami miliki di Bukalapak,” tutup Muhammad Fikri. (aii)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.