Pemkot Batu Bangun Rumah Rp 4,2 M Buat Veteran

13 December 2018 - 19:04 WIB
Wali Kota Dewanti Rumpoko meninjau rumah hunian pinjam pakai buat veteran yang peresmiannya tak dihadiri anggota DPRD Kota Batu.
Wali Kota Dewanti Rumpoko meninjau rumah hunian pinjam pakai buat veteran yang peresmiannya tak dihadiri anggota DPRD Kota Batu.

BATU (SurabayaPost.id) –  Pemkot Batu membangun rumah senilai Rp 4,2 miliar buat para veteran.  Sebanyak delapan unit rumah sudah resmi diserahkan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko pada para pejuang kemerdekaan RI itu, Kamis (13/12/2018).

Penyerahan delapan unit rumah untuk  pinjam pakai huni itu ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti. Menurut Dewanti, perumahan veteran di Jalan Sultan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu itu baru delapan veteran yang dapat fasilitas pinjam pakai huni rumah tersebut.

Sedangkan sisanya sebanyak 16 unit dari 24 unit yang diprogramkan akan dibangun tahap berikutnya. Rumah yang dibangun itu sebenarnya sudah selesai dan dihuni  beberapa veteran.

“Hanya saja, penyerahan secara resmi baru bisa dilakukan sekarang. “Makanya, biar ayem dan tenang hari inilah kita resmikan,” kata Dewanti Rumpoko.

Dijelaskan Dewanti  yang berulang tahun ke 56 pada 13 Desember 2018 ini, bila fasilitas rumah huni tersebut belum seberapa jika  dibandingkan dengan perjuangan dan pengorbanan para pejuang itu.

“Namun semuanya itu harus disyukuri. Karena bersyukur itulah akan menjadi berkah. Jadi ini semua tahapan pertama dan tahap berikutnya untuk akses jalannya. Untuk itu dinas terkait harus kompak,” pesannya.

Dia juga berpesan pada Ketua LVRI Kota Batu, Hendri Ismawan  agar benar – benar selektif. Terutama dalam memilih para penghuni rumah veteran itu. “Sebab fasilitas ini untuk mereka  yang benar – benar belum punya tempat huni,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu, Bambang Kuncoro mengatakan  bila rumah buat veteran itu digagas Wali Kota Batu, Eddy Rumopoko. Sesuai rencana akan dibangun 24 unit.   Namun saat ini baru delapan unit yang selesai.

Rumah – rumah huni tersebut memiliki luas bangunan  50 meter persegi. Itu terbagi dua kamar tidur satu kamar mandi dan satu ruang tamu.

Meski begitu Bambang Kuncoro mengaku masih memikirkan pagar rumahnya yang belum ada dan akses jalan masuk. Sebab, akses masuk itu  dinilai belum memadai.

Dia juga menjelaskan bila di Kota Batu ada 245 veteran  dan janda veteran sebanyak 187 orang. Di antara mereka sebagian belum memiliki tempat tinggal.

“Sebagian dari mereka masih menyewa. Jadi sebagai bentuk penghormatan Pemkot Batu memberi dan menyediakan rumah huni beserta tali asih. Masing – masing veteran dalam satu tahunnya mendapat insentif senilai empat jutaan rupiah,” kata Bambang Kuncoro. (Gus)