Peringati Hari Lahirnya Pancasila, Wali Kota Dewanti Ajak Jaga Persatuan

1 June 2019 - 15:40 WIB
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko memimpin upacara memperingati hari lahirnya Pancasila.

BATU (SurabayaPost.id) – Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019,  Pemerintah Kota Batu melaksanakan Upacara bendera di stadion Gelora Brantas Kota Batu, Sabtu (1/6/2019). Upacara tersebut  digagas Pemkot Batu dengan mengusung tema Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Untuk itu, Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko, bertindak selaku Inspektur Upacara. Hadi di acara tersebut l Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Wakil Ketua DPRD Kota Batu Hari Danah dan Nurrochman.

Selain itu Perwakilan Kapolres Batu,  Pabung Kodim 0818 Batu -Malang Mayor Arm. Choirul Effendi, Perwakilan Kejaksaan Negeri Batu, serta perwakilan anggota Parpol. Bahkan  LVRI, bersama para Kepala OPD, Ormas kepemudaan,dan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Batu juga ikut upac.

Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko yang membacakan amanat dari Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono, menyebutkan bahwa melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019.Menurutnya Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi,politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan ber -negara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” terangnya.

Dengan begitu, terang dia, kita Indonesia, Kita Pancasila. Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.  

Sementara itu, Dewanti Rumpoko berpesan kepada seluruh generasi di Kota Batu. Mereka diminta  agar selalu memperingati hari lahir Pancasila demi persatuan dan kesatuan.

“Jangan sampai terpecah belah dengan cara apapun. Kita harus satu dalam mengisi kemerdekaan, Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tegasnya.

Untuk diketahui, tegas dia, bahwa seluruh ASN Pemerintah Kota Batu wajib kut serta dalam upacara peringatan Hari Pancasila.

“Apabila memang sudah memesan tiket mudik keluar kota, bisa mengikuti upacara di kota tujuan dengan syarat khusus,” pungkasnya. (gus)