Persada Hospital Gelar Tes Serologi Antibodi Secara Gratis

24 June 2020 - 18:35 WIB
Direktur Persada Hospital Malang dr David MMRS didampingi Sylvia Kitty Simanungkalit, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi saat membuka tes Serologi Antibodi secara gratis.

MALANG (SurabayaPost.id) – Persada Hospital menggelar tes Serologi Antibodi bagi kalangan tenaga medis dan jurnalis di Malang Raya secara gratis. Tes untuk mengetahui terpapar Covid-19 atau tidak itu digelar di Rumah Sakit Swasta tipe B ini, Rabu (24/6/2020).

Direktur Persada Hospital Malang dr David MMRS mengatakan jika tes serologi antibodi secara gratis itu dilakukan sebagai komitmen melaksanakan misi dan mewujudkan visi “Menuju Rumah Sakit Berstandar
Internasional”. “Itu berlandaskan motto We Love, Care, and Share,” kata dia saat didampingi Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Persada Hospital Sylvia Kitty Simanungkalit.

Selain itu kata dia, Persada Hospital senantiasa mengupayakan pelayanan yang efektif dan efisien. Itu dilakukan melalui peningkatan mutu sesuai dengan standar yang berlaku.

Makanya, kata dia, di tengah pandemic saat ini, Persada Hospital turut berkontribusi dalam upaya menghadapi wabah COVID-19 melalui layanan unggulan terbaru. “Persada Hospital membuat layanan pemeriksaan guna memastikan masyarakat terpapar Covid-19,'” jela dia.

Layanan Pemeriksaan Serologi Antibodi COVID-19 dan RT-PCR (tes swab) ini menurut dia resmi diluncurkan (soft launching) pada tanggal 25 Juni 2020. Pemeriksaan Serologi Antibodi merupakan metode screening Covid-19, dengan hasil yang lebih cepat (1×24 jam) dan akurat dibandingkan dengan metode rapid test, karena dilakukan
menggunakan sarana darah yang diuji menggunakan reagen khusus dan peralatan canggih,” tutur dia.

Di samping itu, kata dia, metode ini juga telah resmi digunakan oleh pemerintah Inggris dan Singapura. Itu karena pengerjaannya yang menggunakan instrumen robotik. Sehingga akurasi pengerjaan dan deteksi antibodi lebih akurat serta objektif.

“Tes ini memiliki sensitivitas dan spesifisitas lebih dari 99,81%. Sehingga bisa dipastikan bahwa tes ini dapat diandalkan untuk melacak potensi infeksi virus COVID-19,” katanya.

Untuk itu, terang dia, Persada Hospital menyadari peranan media dimasa pandemik sangat penting. Itu guna mengkomunikasikan pesan atau informasi kepada masyarakat.

Makanya tegas dia, Persada Hospital menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya mengadakan pemeriksaan Serologi secara gratis. Khususnya kepada anggota PWI atau sahabat media.

Selain Pemeriksaan Serologi Antibodi bagi Sahabat Media, kata dia, Persada Hospital juga memberikan Pemeriksaan PCR (Swab) kepada 100 orang tenaga medis di Propinsi
Jawa Timur, dengan program “100 Free Swab for Healthcare Heroes”. “Program ini kami buka mulai tanggal 17 – 22 Juni 2020 dengan mengisikan form terlebih dahulu. Dari seluruh peserta yang mendaftar akan dipilih 100 orang berdasarkan skala prioritas atau dengan gejala pendukung,” jelas dia.

Program ini menurut dia merupakan bentuk apresiasi Persada Hospital kepada para tenaga medis di Kota Malang dan sekitarnya. Rangkaian langkah Persada Hospital dalam upaya menanggulangi virus COVID-19, kata dia akan terus bergulir dengan diluncurkannya layanan RT-PCR cepat (1×24 jam).

Karena itu David berpesan kepada masyarakat agar tidak takut untuk berobat dan berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit. Sebab Persada Hospital telah menerapkan standar protokol penapisan Covid-19 berlapis. Sehingga aman bagi masyarakat. (aii/Lil)