Progres Pembangunan Perpus Kota Batu Belum 25 Persen

24 August 2021 - 20:19 WIB

BATU ( SurabayaPost.id ) – Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Batu, Santi Restuningsasi, Selasa ( 24,/8/2021) saat meninjau kelokasi pembangunan dan pemeliharaan sarana perpustakaan yang terletak di Jalan Kartini, Kota Batu, diketahui belum mencapai 25 persen progres pengerjaannya. Hal tersebut, dikatakan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Rabu ,24/8/2021. 

” Dengan harapan sesuai bor sekian hari selesai kami secara rutin datang untuk lihat progresnya berapa persen.Kesini untuk lihat progresnya jadi kira – kira berapa persen. Semestinya kalau sesuai tanda tangan kontrak hampir 20 – 25 persen,tapi ini masih 25 persen kurang,” katanya.

Itu, kata Punjul , kalau ditanyakan1 Sabtu-Minggu , menurutnya libur dan tidak ada pegawainya.Tapi, kata dia,tadi informasinya Sabtu dan Minggu buka untuk mengejar target 25 persen.

”  Kalau tidak mencapai 25 persen gak bisa cair dan pemda ditegur pusat dan Provinsi,” tegasnya.

Meski begitu, tegas dia, pihaknya tengah melihat secara fisik sudah ada progres tapi perlu ditingkatkan lagi.

“Agar sama – sama  enak disatu sisi pemda berapa persen terminya, disatu sisi pemborong kalau banyak uangnya akhir – akhir ya gak apa,” ujarnya.

Tapi, ujar dia, harus ada surat supaya tidak ditegur dari pusat. Dan pusat, tidak bertanya tanya anggaran tersebut, terserap apa jadi dibagun apa tidak , itu harus ada progresnya.

” Kedua saya berharap kepada dinas untuk yang mengawasi komunikasi intens tidak setiap hari, bisa telepon melalui PPK nya agar progres betul – betul,dan keinginan kita dicukupi,”harapnya.

Kemudian, harap dia, sinergitas antara bagunan timur dan barat karena yang dibarat agar satu kesatuan perpustakan dan pusat informasi wisata bisa datang.

” Misal cari hotel dan sebagainya. Berikutnya perpus ada akses kesana.Misal untuk keamanan pos satpam disini sinergitas yang baik. Lha ini tadi ada miss ada ruangan dari Pak Arif untuk hal lain gak ngertinya di Bu Santi masuk di aula. Jangan ada miss berikutnya timur bagus pusat pariwisata bagus,” sarannya.

Dengan begitu,kata dia, wisatawan yang mencari informasi tidak perlu ke BO, bisa di Mall Wisata. Dua kantor tersebut, menurutnya bisa dimanfaatkan dengan betul – betul. Dengan begitu,Punjul meyakini akan jauh lebih baik. 

Sementara itu, dari rekanan Ferdian Adi Mulyo Mahendro, mengaku  20 persen proses pondasi tiang sudah dalam tahap pekerjaan.

” Kalau kendala terus terang kemarin sempat ada internal kami saja. Selanjutan kita benahi semua dan sekarang proges percepatan,” ucap Adi singkat.

Sekadar diinformasikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan merenovasi sebuah gedung milik Pemkot Batu untuk dijadikan Perpustakaan Daerah Kota Batu.

Gedung tersebut terletak di Jalan  Kartini No 16, bersebelahan dengan markas Pemadam Kebakaran. Dulunya, gedung itu, menjadi kantor Dinas Ciptakan Karya ,Kota Batu.

Sedangkan sumber anggaran pembanguban tersebut, dana DAK, 2021, masa pelaksanaan 180 hari Kalender, dengan nilai kontrak Rp 1.946.083.903. Kontraktor pelaksana ,PT Lawamg Pitu Dalem, dan Konsultan pengawas CV Global Presisi ( gus