SDN Percobaan 1 Kota Malang Lepas 71 Generasi Emas Berkarakter

16 June 2019 - 09:58 WIB
Siswa Kelas VI A yang dinyatakan lulus pose bersama dengan Wali kelas dan Kepala SDN Percobaan 1 Kota Malang Anny Saida dalam prosesi Purnawirawan Siswa Siswi Kelas VI tahun 2018/2019 di Sasana Budaya UM, Minggu (16/6/2019).
Siswa Kelas VI A yang dinyatakan lulus pose bersama dengan Wali kelas dan Kepala SDN Percobaan 1 Kota Malang Anny Saida dalam prosesi Purnawirawan Siswa Siswi Kelas VI tahun 2018/2019 di Sasana Budaya UM, Minggu (16/6/2019).

MALANG  (SurabayaPost.id) –  Sekolah Dasar Negeri (SDN) Percobaan 1 Kota Malang, Jatim melepas 71 generasi emas berkarakter. Pelepasan itu dilaksanakan lewat Purnawirawan Siswa Siswi Kelas VI tahun 2018/2019  di Sasana Budaya Universitas Negeri Malang (UM), Minggu (16/6/2019).

Acara pelepasan siswa tersebut berlangsung meriah. Hampir seluruh orang tua siswa hadir. Bahkan pejabat dari Dinas Pendidikan Kota Malang juga hadir. Termasuk Pengawas SD untuk Kecamatan Lowokwaru, Indah Nurniati.

Mereka tampak sangat haru dan bahagia.  Terutama para guru SDN Percobaan 1 dan Kepala Sekolah SDN Percobaan 1, Anny Saida.   

Siswa-Siswi SDN Percobaan 1 kala mengikuti prosesi pelepasan di Sasana Budaya Universitas Negeri Malang

Suasana keharuan itu sangat terasa saat Kepala SDN Percobaan 1 Anny Saida menyerahkan puluhan siswa yang dinyatakan sudah lulus kepada para orang tua.  “Karena mereka merupakan titipan, mulai hari ini kami kembalikan mereka pada bapak ibu sekalian,” kata dia dengan terbata-bata.

Keharuan Anny Saida dan para guru SDN Percobaan 1 itu bisa dimaklumi.  Sebab mereka sudah enam tahun bersama, menjalani proses belajar mengajar.

Apalagi,  dalam proses belajar mengajar itu banyak prestasi yang mereka ukir. Terutama yang berkaitan pendidikan karakter.  

Dijelaskan Anny Saida  bahwa yang patut disyukuri dari 71 siswa itu lulus semua. “Alhamdulillah 100 persen mereka lulus.  Termasuk siswa yang ABK yang tak kalah dengan siswa reguler,” jelas dia.

Menurut Anny Saida dalam ujian nasional berbasis komputer (UNBK) siswa SDN Percobaan 1 meraih prestasi rangking keempat tingkat kecamatan.  Sedangkan untuk level Kecamatan Lowokwaru peringkat 1 dengan nilai tertinggi 276 lebih yang Rata-rata nya 92,52.

Kepala SDN Percobaan 1 Kota Malang Anny Saida

Sementara untuk hasil ujian  sekolah tertinggi mencapai 426 dengan rerata 89,20. Sedangkan untuk rata-rata secara keseluruhan nilainya mencapai 78. “Itu peringkat pertama untuk kategori SD negeri,” papar dia.

Meski begitu,  kata dia, yang tak kalah membanggakan dari siswa-siswi SDN Percobaan 1 ini adalah prestasi pendidikan  karakter. Dia sangat yakin, 71 siswa yang dinyatakan lulus memiliki kejujuran yang luar biasa.

Menurut dia, hal itu sudah terbukti dalam berbagai kesempatan, kegiatan, waktu dan tempat. Dicontohkan  kala para siswa itu melakukan kegiatan outbound di Lawang.

“Kalau itu ada beberapa siswa mendatangi saya. Mereka menyerahkan uang pecahan Rp 50 ribu. Katanya nemu di jalan  setapak,” kata dia menceritakan.

Setelah itu dia menyuruh pada siswa-siswi yang menemukan itu untuk mengumumkan pada teman-temannya yang lain. Ternyata di antara mereka tidak ada yang merasa memiliki.

Pengawas SD se Kecamatan Lowokwaru Dinas Pendidikan Kota Malang, Indah Warniati

Setelah itu mereka.mengumumkan pada kelompok lain. Ternyata,  uang itu milik kakak mereka, siswa SMP yang kebetulan juga melakukan kegiatan  di kawasan tersebut.

Berdasarkan fakta tersebut,  Anny Saida ngaku bangga dengan kejujuran  para siswa itu. “Kejujuran yang patut dibanggakan. Mereka merupakan generasi muda emas dan berkarakter,” kata dia.  

Menurut dia,  membentuk karakter itu cukup sulit.  “Kalau matematika masih bisa les. Tapi kejujuran itu tak bisa dioleskan, ” papar dia.

Karena itu dia berharap agar siswa yang sudah lulus dari SDN Percobaan 1 bisa berprestasi, berakhlak mulia, inovatif dan kreatif pada pendidikan  selanjutnya. Dia juga berterima kasih pada seluruh orangtua siswa yang kompak mennsuport pendidikan siswa-Siswi SDN Percobaan 1. 

Di sisi lain, Pengawas Pendidikan  Kecamatan Lowokwaru, Indah Nurmiati juga berharap para siswa yang lulus bisa meningkatkan prestasinya.   “Sehingga menjadi insan yang mulia, insan yang cendekia dan memberi manfaat bagi sesama,” harapnya.

Mendapat petuah dan pesan dari Kepala sekolah dan Pengawas Pendidikan  tingkat Kecamatan Lowokwaru, siswa SDN Percobaan 1 pun menyampaikan ucapan terima kasih serta pesan dan kesannya selama sekolah di SDN Percobaan 1 Kota Malang. Pesan dan kesan itu disampaikan dalam tiga bahasa yaitu Bahasa  Indonesia, Jawa dan Inggris. (aji)