Tarik Wisatawan Lewat HUT Kota Batu, Disparta Gelar Lomba Layang-layang

16 October 2020 - 14:03 WIB
Kepala Disparta Kota Batu Arief As Siddiq

BATU (SurabayaPost.id) – Untuk mengenalkan dibukanya kembali Kota Wisata Batu dan menarik wisatawan domestik maupun dari mancanegara, Dinas pariwisata Kota Batu bakal menggelar lomba layang-layang hias. Lomba tersebut digelar dalam rangka merayakan HUT Kota Batu ke-19, pada 17 Oktober 2020.

Hal tersebut, disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Kadisparta) Kota Batu Arief As Siddiq, Jumat (16/10/2020). Menurut Arief, lomba layang-layang dalam rangka mengangkat Kota Wisata Batu agar tetap eksis. Sehingga bisa memulihkan perekonomian masyarakat.

“Jadi sengaja bikin event ini,tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat baik para wisatawan mancanegara bahwa di Kota Batu ini eksis pariwisatanya termasuk event layang – layang ini lah salah satunya yang saya yakini bakal bisa menarik para wisatawan untuk berwisata ke Kota Baru ,” katanya.

Itu, kata dia, tujuannya adalah mengenalkan wisata Kota Batu yang mana telah dibuka kembali dengan protokol kesehatan dan diyakini para wisatawan yang berkunjung ke Batu bakal betah.

“Dan event ini, bisa mendatangkan para wisatawan yang rencananya bakal dihelat di area Cendra Tari, di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu,” ungkapnya.

Meski begitu, ungkap dia, jika pesertanya lebih besar atau lebih banyak bakal dibagi tempatnya. “Selain di seputaran Cendra Tari, rencananya juga akan digelar di Jalan Lintas Barat (Jalibar) di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Tapi itu masih kita lihat situasi dan kondisinya,”tandasnya.

Itu, tandas dia, lebih memilih lomba layang – layang hias alasannya karena bisa dinikmati masyarakat dari kejauhan. Sehingga bisa mendukung protokol kesehatan.

“Sampai saat ini peserta yang mendaftar jumlahnya sudah sekitar 40 lebih. Sampai saat ini pula pesertanya masih banyak yang janji akan segera menyusul mendaftar,” terangnya.

Yang perlu diketahui, terang dia, dalam pelaksanaannya hanya sehari. Yakni pada tanggal 25 Oktober 2020.

Arief berharap digelarnya event layang-layang hias itu bisa menunjukkan bahwa pariwisata Batu eksis dengan protokol kesehatan. Wisatawan sudah bisa berkunjung ke Kota Wisata Batu.

“Silahkan para wisatawan berkunjung atau hadir ke Kota Wisata Batu dan sekaligus bisa menikmati layang – layang hias dengan beragam modelnya.Jadi jangan ragu para wisatawan dalam berkunjung ke Kota Wisata Batu.Karena Kota Batu telah menyiapkan destinasi destinasi beragam pilihan yang sehat, aman dan nyaman,” pungkasnya (Gus)