TMMD ke-106, Kodim Sidoarjo Ikut Selesaikan Hutang Piutang Warga 

14 October 2019 - 17:56 WIB

SIDOARJO (SurabayaPost.id) – Pelaksanaan kegiatan TMMD Ke 106 yang  dilaksanakan oleh Kodim 0816 Sidoarjo,yaitu program Sasaran non fisik, memberikan suatu solusi, setiap permasalahan yang dialami masyarakat. Salah satunya adalah, menyelesaikan permasalah hutang Piutang antar warga. 

 Bertempat di balai Desa Kupang Kecamatan Jabon Sidoarjo,tim satgas TMMD ke 106 Kodim 0816/Sidoarjo,menggelar giat penyuluhan terkait permasalahan warga,Senin(14/10/2019)pagi.Wujud dari pelaksanaan kegiatan TMMD adalah mampu menciptakan kemanunggalan TNI-Rakyat, untuk dalam aplikasinya satgas TMMD ke 106  membantu segala kesulitan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.Supiyah adalah salah satu warga Ds. Kupang Kecamatan Jabon, memiliki masalah utang piutang yang jatuh tempo tidak bisa membayar di tetangganya Nur Kasan, karena tidak bisa membayar Supiyah takut tidak mau pulang kerumahnya dan datang di posko TMMD untuk di bantu penyelesaiannya.

Sementara Serma Sutrisno selaku bati ops TMMD mendengar permasalahan tersebut langsung memangil semua pihak yang tersangkut utang piutang, dan diselesaikan secara kekeluargaan.utang Supiyah kepada nur kasan sebesar 500.000, – pun di carikan solusinya yaitu Supiyah harus mencicil utangnya setiap hari sebesar 5.000,- rupiah kepada Nur kasan tetangganya. Mengingat ibu Supiyah setiap hari bekerja  sebagai buruh tani. 

Selain itu  Supiyah juga diberikan modal usaha jualan gorengan oleh satgas TMMD sebesar 200.000,- , dengan harapan Supiyah mampu mencicil utangnya  dan membayar 5.000 setiap harinya kepada Nur Kasan.Merasa ada jalan keluarnya

Supiyah  sangat berterima kasih sekali kepada bapak-bapak TNI karena yang telah membantu menyelesaikan masalah saya,”hingga saya di berikan modal untuk usaha gorengan,” ucapnya.Dengan adanya penyelesaian ini, Nur Kasan juga mau menerimanya,walaupun dengan cara dicicil pembayarannya.

“Yang penting ada niat untuk mengambilkan, karena uang 500.000 bagi orang desa seperti saya ini cukup berarti,”ucap Nur Kasan. Sementara Serma Sutrisno Bati Ops TMMD menyatakan,bahwa kita akan selalu membantu sekuat tenaga untuk selalu mencari solusi dalam  meringankan beban masyarakat, karena itu sudah menjadi kewajiban kita, selain sisi kemanuasian juga bahwa TNI juga berasal dari rakyat dan akan kembali juga ke rakyat, inilah wujud kehadiran kita berada ditengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.(try)