Tulusrejo Jadi Kelurahan Terbaik Kedua Tingkat Nasional

21 August 2019 - 23:41 WIB
Lurah Tulusrejo usai menerima piala bersama Camat Lowokwaru Imam Badar dan pejabat lainnya

MALANG  (SurabayaPost.id)  – Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jatim mengukir prestasi nasional. Sebab,  Tulusrejo menjadi kelurahan terbaik kedua tingkat nasional tahun 2019 untuk kategori regional II. 

Hal tersebut diakui Camat Lowokwaru, Imam Badar, Rabu (21/8/2019). Menurut dia, prestasi tersebut sangat membanggakan. 

“Itu merupakan  prestasi luar biasa dari masyarakat Tulusrejo. Ya mulai dari tingkat warga, RT, RW hingga lurah. Itu patut diapresiasi,” kata dia.  

Karena itu dia berharap prestasi tersebut dipertahankan dan terus ditingkatkan. Sehingga memberikan  manfaat pada masyarakat yang lebih luas lagi. 

Sebagai diketahui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Bina Pemdes) memberikan penghargaan kepada desa dan kelurahan yang berprestasi di negeri ini. 

Penghargaan dibagi berdasarkan regional, yakni regional I meliputi wilayah Sumatera, Regional II meliputi wilayah Jawa dan Bali, Regional III meliputi wilayah Kalimantan dan Sulawesi, dan Regional IV meliputi wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTB, dan NTT.

Pengumuman lomba desa tersebut dilakukan dalam acara Temu Karya Nasional dan Pekan Inovasi Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2019, di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta, Kamis (15/8/19). 

Penghargaan diberikan oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo bersama Ketua Penggerak PKK Pusat Erni Tjahjo Kumolo, dan Dirjen Bina Pemdes Nata Irawan.

Nata Irawan mengatakan, desa dan kelurahan yang menjadi juara 1, 2 dan 3 mendapatkan bantuan Rp 50 juta. Bantuan tersebut kelak digunakan untuk pembangunan kantor desa.

Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kemendagri Eko Prasetyanto mengatakan, bantuan Rp 50 juta kepada desa dan kelurahan dipergunakan untuk merenovasi kantor desa. “Mereka akan menjadi desa labsite, jadi kantor desanya harus diperbaiki supaya bagus,” ujarnya. 

Sementara itu Imam Badar menjelaskan bila Kelurahan Tulusrejo merupakan wakil Jatim di tempat nasional.   Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Jawa Timur (Jatim) tampil sebagai juara II lomba desa dan kelurahan tingkat nasional 2019. Sedangkan Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun keluar sebagai juara III.

Kedua desa ini masuk dalam pemenang lomba desa dan kelurahan 2019 untuk wilayah regional II meliputi Jawa dan Bali. 

Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 413-3734 tahun 2019 tentang Penetapan Juara Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat Regional tahun 2019.

Desa Kepel Kecamatan Kare Kabupaten Madiun tercatat sebagai pemenang ketiga lomba desa tingkat nasional 2019.  sementara Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang menang menjadi juara kedua lomba desa tingkat nasional 2019. (lil)