Wali Kota Dewanti Ajak Masyarakat Ikut Jaga Kebersihan Sungai

31 December 2018 - 21:27 WIB
Wali Kota Dewanti Rumpoko saat menanam pohon di kawasan Sumber Sungai Brantas.
Wali Kota Dewanti Rumpoko saat menanam pohon di kawasan Sumber Sungai Brantas.

BATU (SurabayaPost.id ) – Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko mengajak masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan sungai dan lingkungan. Ajakan itu disampaikan saat memimpin langsung kegiatan sapu bersih sampah nyemplung kali (Sabers Pungli) di Kota Batu.

Kala memimpin aksi Saber Pungli itu Wali Kota Dewanti Rumpoko didampingi Wawali Punjul Santoso. Selain itu Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo dan para Wakil Ketua DPRD Kota Batu.

Selain itu, Ketua TP PKK Kota Batu, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkot Batu, Penggiat lingkungan se-Malang Raya dan para mahasiswa. Mereka bersama-sama membersihkan sampah di kali.

Aksi membersihkan sungai yang sudah dilakukan selama setahun belakangan ini mengambil titik di Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Wali Kota Dewanti Rumpoko mengajak semua masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan dan sungai.

“Kita jangan hanya mendukung Sabers Pungli, tapi juga harus ikut menjaga sungai-sungai kita. Itu  agar kita bisa menjadi nyaman,” terang Wali Kota Dewanti Rumpoko saat didampingi Kabag Humas Pemkot Batu, Suliyanah.

Apalagi, kata dia, hulu Sungai Sumber Brantas ada di Kota Batu. Tepatnya di Arboretum, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji.

Karena itu, saat Saber Pungli juga dilakukan tanam bibit pohon bersama, penyerahan bantuan tempat sampah khusus pampers, dan peninjauan Alat pembakar sampah (Incinerator) dengan Filter Udara yang ada di Desa Sumbergondo. “Kita berharap semua itu bisa mendidik dan menyadarkan masyarakat  bahwa sungai sangat erat dengan kehidupan dan perlu dijaga kelestariannya,” pesannya. (gus)