Wali Kota Dewanti Merotasi Ratusan Pejabat Eselon III dan IV

11 July 2019 - 21:16 WIB
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko melantik dan mengambil sumpah para pejabat eselon III dan IV yang dimutasi.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko melantik dan mengambil sumpah para pejabat eselon III dan IV yang dimutasi.

BATU (Surabayapost.id ) – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko merotasi ratusan pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemkot Batu. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat yang dirotasi itu digelar di Gedung Graha Pancasila, Among Tani Pemkot Batu, Kamis ( 11/7/2019).

Ada 101 pejabat yang dilantik dan disumpah. Mereka, terdiri dari  96 pejabat administrasi pengawas dan 5 fungsional pranata komputer.

Menurut Dewanti Rumpoko,dalam pelantikan tersebut ada yang merasa senang, dan ada yang biasa saja, bahkan sebaliknya.

“Tapi semua itu harus percaya demi tujuan baik untuk meningkatkan kinerja. Terus terang kami susah merotasi SDM yang ada. Tapi semua bertujuan baik demi peningkatan kinerja bersama,” Kata Dewanti.

Untuk itu, Dewanti berharap, semua bisa berkoordinasi dengan baik. Itu  mulai di lingkungan kerja, hubungan dengan para pegawai serta kepala Satuan Organisasi Pimpinan Daerah (SOPD).

“Yang perlu menjadi intropeksi bersama, ada salah satu pejabat yang diminta mengisi dinasnya, tapi ada juga yang menolak jika menjabat di dinas tersebut,” tandasnya.

Dewanti mengaku mutasi tersebut terkesan cepat dan mendadak. Alasannya, karena Kepala BKPSDM Kota Batu Siswanto akan cuti haji. Maka dari itu, menurut dia, kalau tidak segera dilaksanakan bakal mundur hingga 2 bulan kedepan.

“Padahal banyak jabatan yang kosong karena sudah pensiun, meninggal dan pindah tugas. Tolak ukur penempatan ini, kami usahakan posisi pejabat sesuai  bidang dan keilmuannya,” tegasnya.

Kendati demikian,menurut dia, juga banyak pejabat yang memang bukan dibidangnya, makanya,menurut dia, mereka ditempatkan penyesuaian semirip mungkin dengan yang mereka kuasai dan yang paham pada bidangnya.

Ratusan pejabat yang dimutasi diantaranya Kamim Utomo yang sebelumnya Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil menjadi Sekretaris Dispendukcapil. Mochammad Tavip yang sebelumnya Sekretaris DPK, sekarang mengisi Kabid Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Bagian Adm Perekonomian dan Pembangunan Kota Batu.

Sedangkan Yayat Supriatna Kabid Hortikultura Dispertan,menempati Kabag Sekertaris Dewan DPRD Kota Batu.Dan Iwan Sufrianto yang sebelumnya di Sekretaris Disperum, dimutasi di Sekretaris Diskoperindag Kota Batu.

Serta Alfi Nurhidayat yang sebelumnya di Kabid Binamarga sekarang dimutasi sebagai  Sekretaris DPUPR Kota Batu. Sedangkan Esty Dwi Astuti Kabid Penerangan Jalan Disperum menjadi Sekretaris Disperum, dan lain sebagainya. (gus)