Wali Kota Dewanti Serahkan Bantuan Alat Untuk Penyandang Disabilitas

20 June 2019 - 21:57 WIB
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko saat menyerahkan bantuan kepada para penyandang disabilitas
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko saat menyerahkan bantuan kepada para penyandang disabilitas

BATU (Surabayapost.id) –  Wujud komitmen Pemerintah Kota Batu sebagai upaya peningkatan kesehatan bagi masyarakat khususnya penyandang disabilitas terus dilakukan.

Itu tercermin saat Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Sosial menyerahkan alat kesehatan bagi penyandang disabilitas dalam bentuk bantuan alat penunjang, yang diaerahkan  di Balai Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Kamis (20/6/2019).

Prosesi penyerahan tersebut dilakukan Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko. Itu disaksikan Kepala Dinas Sosial Kota Batu Ririk Mashuri beserta Jajarannya, Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri dan Camat Batu Yoppy, Kepala Desa dan perangkat Desa Pesanggrahan,serta para penerima alat penunjang disabilitas Kota Batu.

Berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Sosial Kota Batu Ririk Mashuri tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk membantu para penyandang disabilitas dalam lingkungan sosialnya. Harapannya  agar mereka dapat beraktivitas dengan baik.

Sementara itu Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko, dalam sambutannya menyampaikan  bila kegiatan itu digagas Dinas Sosial. “Ini sangat membantu. Namun kedepannya sebaiknya penyerahan itu tidak perlu mendatangkan para penyandang disabilitas. Tapi mereka didatangi, ” kata dia.

Menurut dia, akan lebih praktis jika pihak Dinas Sosial yang datang ke masyarakat untuk menyerahkan langsung. Itu dibantu perangkat desa atau pejabat lain.

Selain itu, Dinas Sosial diharapkan untuk melakukan pendataan lebih dalam. Terutama  terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan alat-alat tersebut.

“Hal itu agar mengetahui kondisi sebenarnya. Sehingga alat yang diterima sesuai dengan kebutuhan bagi penyandang,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Kepala Dinas Sosial Kota Batu menyerahkan bantuan 141 unit. Rinciannya kursi roda sebanyak   26 buah dan kruk 6 buah. Sedangkan alat bantu dengar 20 buah, dan tongkat lipat 6 buah. Kacamata 60 buah, walker sejumlah 9 buah, dan tongkat kaki tiga 15 buah.

Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko. Itu diserahkan  kepada lima perwakilan penyandang disabilitas. (gus)