Wali Kota Dewanti Tinjau Vaksinasi Bagi Disabilitas di Polres Batu

10 August 2021 - 19:14 WIB
Wali Kota Dewanti Rumpoko saat melihat langsung vaksinasi Covid-19 bagi disabilitas.

BATU (SurabayaPost.id) – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko Msi, bersama Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo SIK MH, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Kartika Trisulandari serta pejabat utama Polres Batu, Selasa (10/9/2021) mengecek langsung vaksinasi bagi penyandang disabilitas yang dihelat di Lapangan Polres Batu.

Prosesi Vaksinasi yang digagas Pemkot Batu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) yang berkolaborasi dengan Polres Batu tersebut, dilakukan dengan ketat mengikuti Prokes Covid – 19.

Itu dilakukan  untuk mempercepat Herd Immunity di Jawa Timur, khususnya di Kota Batu.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menegaskan bahwa kita semua punya tugas yang sama.

“Memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat, antara lain saat pandemi covid seperti sekarang dengan melakukan percepatan vaksinasi,” katanya.

Itu, kata dia, saat pandemi covid seperti ini, pihaknya mengajak warga supaya tetap menjaga disiplin protokol kesehatan.

“Dan vaksinasi ini dilaksanakan untuk mendukung percepatan menuju Herd Immunity,” ujarnya.

Terpisah,Kepala Dinkes Kota Batu Kartika Trisulandari menegaskan dari para penerima vaksin harus berusia 18 tahun ke atas.

“Bagi penyandang disabilitas, dan tuna wicara, tuna netra, tuna rungu, dan lainnya untuk jenis vaksinnya pun yang disuntikkan adalah Merk Sinopharm,” paparnya.

Itu, papar dia, untuk kategori penyandang cacat mental, diperuntukkan untuk penderita down syndrome dan gangguan jiwa terkontrol.Dengan begitu, ia menyarankan.

“Bagi penerima vaksin yang telah mendaftar harus didampingi oleh keluarga atau kerabat masing-masing,” timpalnya.

Yang perlu diketahui, dalam giat tersebut, Polres Batu diketahui tidak hanya melakukan vaksinasi saja.Tapi tengah menyiapkan ratusan paket sembako bagi para peserta dari penyandang Disabilitas.

Terkait dengan ratusan paket berupa sembako tersebut, dibenarkan Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo SIK MH.

“Dalam Vaksinasi kali ini , kami mendistribusikan tak kurang dari sejumlah 150 buah paket sembako. Berisi beras, masker dan hand Sanitizer,” katanya.

Lantas, kata dia, dari sejumlah 150 paket sembako yang dimaksud, dibagi pada penyandang disabilitas. 

“Dari sedikit yang kami berikan ini, semoga bisa membantu saudara – saudara kita yang terdampak PPKM Level 4 di Kota Batu,” harapnya,  sembari menghimbau untuk kita semua agar tetap mengikuti Prokes dalam beraktifitas. ( Gus)