Wali Kota Malang Dinobatkan Menjadi Leader In Smart Governance

10 September 2021 - 23:09 WIB
Wali Kota Sutiaji saat menerima penghargaan bersama Menpan RB Tjahjo Kumolo

JAKARTA (SurabayaPost.id) – Kuatnya pertumbuhan perekonomian di Kota Malang meski di masa pandemi Covid-19; utamanya bagi ekonomi kerakyatan berbasis e-commerce telah membawa nama Wali Kota Malang, H. Sutiaji meraih prestasi. Dia dinobatkan menjadi Leader In Smart Governance dalam program Indonesia Visionary Leader 2021.

Dalam ajang malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader 2021 yang dilaksanakan di MNC Conference Hall, INews Tower Jakarta,  Kamis malam (9/9/2021); Walikota Malang yang biasa disapa Pak Aji tersebut menerima secara resmi trophy penghargaan sebagai Leader In Smart Governance. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,  Tjahjo Kumolo dan Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.

Menurut Pak Aji; apa yang dilakukan ini diharapkan mampu memberikan motivasi kita untuk terus berinovasi. “Melalui kegiatan ini,  saya berharap Kota Malang mampu terus tumbuh dan berkembang secara digital di era Society 5.0” ujarnya.

Wali Kota Sutiaji ketika pose bersama

Akibat pandemi Covid-19 ini, lanjutnya, di beberapa daerah banyak yang mengalami kontraksi ekonomi yang cukup signifikan. Namun, Kota Malang malah mampu meningkatkan 123 persen pertumbuhan perekonomian berbasis e-commerce. 

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat Kota Malang adalah masyarakat yang melek digital; beberapa pasar di Kota Malang juga telah menerapkan pembayaran cashless dan bertransaksi melalui aplikasi-aplikasi penjualan secara online; tentu ini adalah wujud kesuksesan Kota Malang untuk terus berjuang menjadi smart city,” tambah Pak Aji.

Sementara itu, dalam sambutannya,  MenPan RB,  Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa pemimpin yang visioner harus memiliki wawasan yang jauh kedepan, berani mengambil resiko, mau mendengar karena tugas utamanya adalah menggerakkan dan mengorganisir sehingga mampu membangun relasi dengan berbagai pihak. 

“Oleh karenanya, pemimpin harus berpikir sistematis, cepat dan berani mengambil keputusan. Kementerian Pan RB  juga akan selalu mendorong kepala daerah agar terus membangun kebersamaan dan bersinergi untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada,” tegas Tjahjo. 

Disisi lain, Hary Tanoesoedibjo juga menjelaskan bahwa ajang Indonesia Visionary Leader merupakan apresiasi MNC Group atas berbagai keberhasilan kepala daerah dalam mengelola dan menggarap potensi daerah sehingga memacu pertumbuhan dan kemajuan berbagai sektor pembangunan.

 “Saya berharap agar kegiatan ini dapat menjadi penyemangat para kepala daerah dalam mempertahankan prestasi serta dapat menjadi pemicu bagi kepala daerah lainnya agar dapat menjadi top leader dengan terobosan dan inovasi cerdas untuk memajukan wilayahnya masing-masing,” jelas Hary Tanoe. (Lil)