Wawali Buka Pameran Produk UMKM yang Diklaim Terbesar dan Terlengkap

6 December 2018 - 20:17 WIB
Wawali Punjul Santoso membun pameran yang diklaim terbesar dan terlengkap di Kota Batu.

BATU (SurabayaPost.id) – Wakil Wali Kota (Wawali) Batu, Punjul Santoso meresmikan pameran produk UMKM terbesar dan terlengkap, Kamis (6/12/2018). Pameran tersebut digelar di area parkiran Dino Park, Jatim Park 3.

Pameran produk unggulan yang digagas Pemkot Batu lewat Diskoperindag tersebut melibatkan seluruh Desa, Kelurahan dan Kecamatan se Kota Batu. Ada 29 produk dan 29 stand yang berpameran sejak 6- 9 November 2018 nanti itu.

Beragam produk unggulan hasil karya putra putri bumi Kota Batu ini, mulai dari anyaman tas dan batik hingga produk kuliner dan sebagainya. Menurut Kadis Koperindag Kota Batu, Eko Suhartono, pameran tersebut sebagai upaya mengembangkan usaha produk UMKM yang ada di Kota Batu.

“Tujuan kegiatan ini mempersiapkan para pelaku usaha untuk membangkan dan memperluas jaringan penjualan produknya. Sehingga produk mereka bisa terjual dengan baik,” kata Eko Suhartono.

Sementara itu, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso berharap melalui pameran tersebut pendapatan pelaku usaha meningkat dibanding sebelumnya. “Semoga transaksinya melebihi target. Yakni efek pasar jangka panjangnya semakin bagus,” kata Punjul Santoso.

Untuk itu politisi dari PDIP itu menyarankan agar produk lokal itu bisa mewakili karakteristik produk-produk asli Kota Batu. Sebab, kata dia, kalau arah pasarnya sudah jelas bakal bisa membentuk dan membuka akses pasar lebih luas kedepannya.

Di sisi lain, Direktur Jawa Timur Park 3 Suryo Widodo sangat mengapresiasi terselenggaranya pameran produk unggulan UMKM itu.

“Manajemen Jatim Park 3 sangat mendukung untuk itu. Sehingga produk lokal ini bisa menyasar pasar nasional bahkan Internasional. Sebab lokasi pameran ini berada di tempat wisata terbesar yang ada di Kota Batu,” kata Suryo Widodo bangga. (Gus)