Hadapi Pilkada Serentak, Tingkatkan Kesadaran Pemilih Pemula, Humas Polres Batu Blusukan ke Sekolah 

Kasi Humas Polres Batu IPDA Trimo saat sosialisasi tingkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih muda disekolah , Selasa (29/07/2024. (Ist)
Kasi Humas Polres Batu IPDA Trimo saat sosialisasi tingkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih muda disekolah , Selasa (29/07/2024. (Ist)

BATU (SurabayaPost.id) – Tingkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih muda dalam Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) wilayah hukum Polres Batu. Kasi Humas Polres Batu  IPDA Trimo, melakukan sosialisasi di dua sekolah.

SMA AL- Izzah Islamic Boarding School Kota Batu dan SMK 1 Pujon Kabupaten Malang sasaran perdana dalam sosialisasi ini, Selasa (30/7/2024).

IPDA Trimo menyatakan pentingnya partisipasi aktif dalam Pilkada kepada para siswa,diharap giat ini dapat menumbuhkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia.

“Generasi muda memiliki peran penting dalam menentukan masa depan daerahnya. Oleh karena itu, kami merasa perlu untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai Pilkada kepada mereka,” kata Trimo, Selasa (29/7/2024).

Dalam sosialisasi ini, menurutnya  para siswa diberikan informasi mengenai tahapan – tahapan Pilkada.

“Pentingnya memilih pemimpin yang berintegritas, serta cara – cara menghindari praktik politik uang. Selain itu, mengenai peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya Pilkada,” ujarnya.

Diketahui dalam giat ini, mendapat respons baik kalangan siswa – siswi pada dua sekolah tersebut.Itu tercermin  antusias mereka dalam mengikuti sesi tanya jawab dari  IPDA Trimo dan timnya. Beberapa siswa tengah mengajukan pertanyaan seputar mekanisme pemilihan dan cara memastikan suara mereka, dijawab dengan jelas dan gamblang oleh Trimo.

Andi Hasan salahsatu siswa SMA AL – Izzah Islamic Boarding Scholl mengatakan giat ini sangat bermanfaat sebagai pemilih hak suara pemula.

“Kami sangat berterima kasih kepada Polres Batu  telah memberikan edukasi mengenai Pilkada. Ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pemilih pemula,” kata Abdi.

Sekadar menginformasikan sosialisasi ini merupakan upaya Polres Batu dalam mendukung suksesnya Pilkada 2024  yang aman, damai, dan demokratis. 

“Polres Batu  berkomitmen terus  melakukan berbagai kegiatan serupa di sekolah – sekolah lainnya guna menciptakan pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab,” tegasnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, tegas dia,  diharap generasi muda Kota Batu dan Kabupaten Malang dapat lebih memahami pentingnya peran mereka dalam proses demokrasi dan berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2024. (Gus)