Agus Suwondo Kades Banjarsari Gali Potensi

19 September 2020 - 21:20 WIB

GRESIK (SurabayaPost.id)–Kepala Desa Banjarsari Kecamatan Cerme, Agus Suwondo mempunyai target untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengenali, menganalisis sekaligus mencari Pemecahan terhadap masalah – masalah prioritas pembangunan.
Terutama di bidang fisik Prasarana, Ekonomi dan Sosial Budaya, guna penerapan pembangunan yang maksimal dan sinergi, membangun dan mengembangkan sumber-sumber serta potensi-potensi lainnya pada Penyelenggaraan desa sesuai karakteriSuwonro yang meliputi bidang ekonomi,

“Pendidikan, sosial budaya serta agama, terakhir yaitu menjadi fungsi pelayanan yang baik serta berkontribusi dalam penyelesaian masalah sosial kemasyarakatan dan pada Penyelenggaraan Desa serta bekerjasama dengan para pihak yang berkompeten,” ungkap Agus Suwondo saat ditemui diruangnkerjanya beberapa waktu yang lalu.

Ia berharap kepada masyarakat Desa Banjarsari yang siap membangun Desa untuk memberi dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh elemen masyarakat semua supaya program – program dirinya bisa berjalan dengan baik.

“Seorang kepala desa bahkan presiden sekalipun tidak akan bisa mencapai visi dan misinya jika tidak ada dukungan dari masyarakat. Karenanya saya akan merangkul seluruh elemen masyarakat untuk kita ajak membangun bersama demi meningkatkan ekonomi bersama,” ujarnya.

Dikatakan Agus, upaya peningkatan kesejateraan mayarakat desa dapat dilakukan melalui optimalisasi pembangunan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna menuju desa yang mandiri dan kreatif. Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ini dilakukan oleh Pemerintah Desa bersama dengan masyarakat.

“Kita (Desa Banjarsari) memiliki potensi dari segi perekonomiannya warga menggantunkgan hidupnya dari faktor pertanian baik pertanian sawah seperti padi tebu dan jagung, hingga pertanian non sawah seperti tambak, kolam budidaya dan kebun buah-buahan,” terangnya.

Hasil perikanan imbuh Agus merupakan salah satu faktor yang paling mendominasi dimana banyak sekali pelaku-pelaku usaha perikanan seperti tambak bandeng dan beberapa kolam budidaya udang vanamei.

“Potensi ini akan kita garap semaksimal mungkin. Karena perikanan dan pertanian menjadi ujung tombak ekonomi. Namun kami juga akan menggarap potensi wisata yang tidak jauh dari perikanan dan oertanian yang saat ini tengahnkamingoeok dengan tim pemdes dan BPD,” tandasnya.

Saat ini Agus juga sudah banyak merealisasikan pembangunan fisik berupa jalan dan membenahi stadion berupa lapangan sepak bola untuk kegiatan sekolah sepak bola remaja dan anak.

“Kita punya SSB Pasopati. Dan aktif melakukan latihan dan ikut berbagai kompetisi antar kabupaten yang diadakan oleh PSSI Kabupaten Gresik. Dan Alhamdulillah anak anak semangat latihan. Mohon bantuan doanya agar desa kami semakin baik,” pungkasnya. (advetorial)