Rayakan HUT, HIPAKAD Bantu HP Siswa dan Pengobatan Anak Tak Mampu

19 September 2020 - 19:16 WIB
Ketua DPD HIPAKAD Jatim, Priyo Efendi foto bersama dg penerima bantuan atau sumbangan hp gratis dari HIPAKAD Malang Raya

MALANG (SurabayaPost.id) – Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) merayakan HUT yang ketiga selama tiga hari, 18-21 September 2020. Perayaan yang dilakukan DPD HIPAKAD Jawa Timur dan DPC Malang Raya itu digelar di Kebun Teh Wonosari, Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Kepala DPC HIPAKAD Malang Raya, Afan Ari Kartika, Sabtu (19/9/2020) menyebutkan rangkaian acara dari HUT tersebut. Itu meliputi pemotongan nasi tumpeng, pembekalan dan pemantapan wawasan kebangsaan kepada 200 anggota dari 16 DPC se-Jatim.

“Setelah itu disusul penyerahan bantuan 10 unit handphone (HP). Itu diberikan kepada 10 siswa tidak mampu dari lima wilayah Koramil di Kota Malang,” sebut Afan.

Wadan rindam kol inf Ridwan KA menerima potongan tumpeng dari pengurus perbakin Jatim kol. Purn. Suroto

HIPAKAD juga membantu penyembuhan Ahmad Mukti Setiaji H (6), putra dari Totok, warga Joyo Utomo Malang. Bantuan itu berupa uang jutaan rupiah.

“Kami juga mengakseskan kartu Indonesia sehat (KIS). Itu untuk persiapan operasi ananda di RST Soepraun, Senin (21/09/2020) lusa,” jelas Afan.

Masih kata Afan, HIPAKAD Shooting Club (HSC) di hari jadi juga diresmikan oleh pengurus persatuan penembak indonesia (Perbakin) Jawa Timur. “Nantinya pengawasan dan regulasinya, bagi calon anggota yang iingin bergabung. Maka mesti melewati HSC Malang Raya,” kata Afan.

Sementara, Ketua DPD HIPAKAD Jatim, Priyo Efendi menuturkan, HIPAKAD di Jatim sudah melakukan serangkaian peduli covid-19. Meliputi penyebaran alat kesehatan covid-19 seperti penyemprotan maupun pembagian sembako kepada ribuan warga di Jawa Timur.

Priyo berpesan, “HIPAKAD, dilarang berpolitik praktis di masa Pilkada. Sebaliknya, ditekankan mengedepankan kepentingan masyarakat,” tegas Priyo Efendi.

Ketua HIPAKAD Malang Ray, Afan Ari Kartika saat menyerahkan bantuan hp kepada salah seorang siswa asal Kota Malang yang tidak mampu

Priyo kembali menandaskan, “HIPAKAD di masa Pilkada hendaknya berperan sebagai pembantu tenaga pengamanan. Turut meringankan tugas TNI dan Polri, menjaga dan menumbuhkan serta menguatkan dengan satu jiwa sekaligus jiwa korsa plus jiwa komandonya,” tandasnya.

“Kedepannya, HIPAKAD mendukung dan mensukseskan program pembangunan pemerintah. Ditambah lagi, turut andil peran di masyarakat berbasis rasa kepedulian dan merasa dibutuhkan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Wadan Rindam V Brawijaya, Kol Inf Ridwan K Anwar mewakili Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah menambahkan, kehadiran HIPAKAD dapat menguatkan jiwa korsa dan jiwa komandonya. “Bertekad menangkal dan melawan pola pecah belah dan mampu mandiri menuju kesuksesan,” tambah Kol. Ridwan.

Wawali Kota Malang, Sofyan Edi J yang ikut hadir di HUT HIPAKAD menuturkan, “Kami mengapresiasi dan mendukung penuh pemantapan dan pembekalan jiwa nasionalis dan patriotisme pada generasi muda bangsa. Dalam rangka penguatan cinta tanah air serta menegakkan nilai NKRI,” tuturnya. (aii)