Ajak Kolaborasi, Kajari Batu Sediakan Media Center Bagi Jurnalis

3 September 2020 - 22:42 WIB
Kajari Kota Batu Dr Supriyanto SH MH

BATU (SurabayaPost.id) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu menjalin sinergitas dengan belasan wartawan yang tergabung di Forum Jurnalis Kota Batu (FJKB). Hal itu dilakukan karena media diakui sebagai mitra strategis bagi Korps Adhyaksa tersebut.

Pengakuan itu disampaikan Kepala Kejari (Kajari) Kota Batu Dr Supriyanto SH MH saat audiensi dengan para jurnalis, Kamis (3/9/2020). Untuk itu dia berjanji akan menyiapkan Media Center Jurnalis Sahabat Jaksa di area kantor Kejari Kota Batu.

Mantan Kajari Kabupaten Gorontalo yang sapaan akrabnya Supri ini, mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan rekan-rekan wartawan. “Karena tidak ada rumusnya kalau jaksa sampai menghindar dari wartawan,” jelas dia kala didampingi Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Endro Rizki E dan Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel) Deddy Agus Oktavianto SH MH.

Dia mengatakan bila baru efektif bertemu pada hari ini. Alasannya karena baru empat hari bertugas. “Sekali lagi mohon dicatat tidak ada rumusnya kalau Kajari menghindar dari wartawan,” katanya.

Apalagi kata dia, wartawan itu mitra strategis. Sebab, terang dia, jurnalis tidak hanya sekedar mitra. “Tanpa teman-teman media, pesan yang kami sampaikan kepada masyarakat relatif agak sulit. Karena teman – teman adalah perantara pemegang amanah berita. Mereka menyampaikan pesan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Makanya, dia bisa menyampaikan pesan pada masyarakat lewat berbagai media. Hal itu menurut Supri alangkah sempurnanya jika didorong dan di-back up teman-teman wartawan.

“Media adalah teman strategis dan media adalah salah satu pilar demokrasi. Kalau orang mau masuk demokrasi akan terpantau. Maka saya berpikir, kalau kita membesarkan media sudah barang tentu akan membesarkan demokrasi,” tandasnya.

Kahari Kota Batu yang didampingi stafnya dan para wartawan yang tergabung di FJKB

Untuk itu, Supri meyakini wartawan Batu dalam menyampaikan berita akan amanah dan bisa dipercaya. Sebab, media yang membesarkan lembaga.

Bahkan, lanjut dia, jatuh bangunnya lembaga bisa karena media. “Kalau kita tidak berkolaborasi positif dengan baik, bisa jadi kita akan terhambat. Makanya saya meminta dukungan teman – teman media di Kota Batu,” harapnya.

Itu, menurut Supri bukan berarti hatus memberitakan dan mengabarkan yang baik-baik saja. Sebab, lanjut dia, dukungan itu wajib bersifat objektif rasional.
Sekali lagi, Supri menegaskan jika sangat membutuhkan dukungan. “Itu untuk mendorong kinerja tugas kami dalam penegakan hukum,” jelasnya.

Soal penegakan hukum, kata dia, luas. Baik bersifat pidana umum maupun tindakan korupsi. “Karena itu kami akan melakukan semaksimal mungkin. Apa yang saya lakukan bisa diberitakan secara proporsional dan profesional,” pungkasnya (Gus)