Berbagai Komunitas Lakukan Penghijauan Tiap Pekan

6 January 2019 - 21:16 WIB
Warga dari berbagai komunitas lakukan penghijauan di kawasan Kota Batu.
Warga dari berbagai komunitas lakukan penghijauan di kawasan Kota Batu.

BATU (SurabayaPost.id) – Puluhan penggiat penghijauan dari berbagai komunitas di Malang Raya melakukan penghijauan di sepanjang Jalan Lingkar Barat Kota Batu, Minggu (6/1/2019).

Di antara komunitas tersebut adalah Baskomas Malang Raya dan Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli) dan beberapa Komunitas yang lain. Mereka melakukan penghijauan di sepanjang jalan sekitar 1 Km.

Menurut anggota Sabers Pungli, Herman Aga, kesadaran ekologi masyarakat di Malang Raya semakin menemukan formulasinya. Mereka telah menjelma menjadi gerakan rutin yang ritmenya rancak, menyenangkan dan semakin semarak.

“Gerakan penghijauan yang diagendakan rutin setiap sepekan sekali ini mengambil  tema Alamku Hijau. Kegiatan ini sudah memasuki kali ke-8. Itu bergerak tanpa batas. Kami menanam pohon di sempadan  kanan – kiri jalan yang dinilai tandus. Itu di berbagai penjuru Kota Batu,” kata Herman Aga.

Untuk itu, pria kelahiran Bumi Kota Apel ini, merinci jenis pohon – pohon yang ditancapkan di sempadan  jalan tersebut. “Sebanyak 65 bibit pohon yang terdiri dari pohon Flamboyan, Ketepeng dan Mahoni yang kami  tanam,” jelasnya.

Karena itu, jelas dia, tidak hanya sekedar menanam. Sebab, menurutnya, kegiatan pada setiap minggu pagi yang wajib dilakukan itu ternyata mampu menjadi wisata keluarga yang sehat bagi jasmani dan rohani. “Berkeringat menambah teman dan mendidik untuk meningkatkan pengetahuan,” tuturnya. (gus)