Bupati Jonathan : Sampang Banyak Melahirkan Tokoh-Tokoh Nasional

2 December 2018 - 12:49 WIB

SAMPANG (SurabayaPost.id) – Pejabat (Pj) Bupati Sampang, Jonathan Judianto mengungkapkan, bahwa sejak Kabupaten Sampang ini berdiri beratus tahun silam, ternyata telah mewarnai peradaban Nusantara jauh sebelum Republik Indonesia berdiri.

Pernyataan tersebut di sampaikan Jonathan pada puncak perayaan resepsi Hari Jadi Sampang ke 395 yang mengambil tema “Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan untuk Mencapai Sampang yang Bermartabat”. di Pendapa Bupati Sabtu (1/12/2018) malam. Menurut mantan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim itu, bukti sejarah mencatat kiprah para tokoh putra daerah dalam konteks geopolitik nusantara tidak bisa dipungkiri lagi jasa-jasanya.

“Sebagaimana kita ketahui sepak terjang Pangeran Trunojoya yang sangat berani menentang hegemoni VOC Belanda selama melakukan penjajahan di Indonesia pada waktu. Demikian pula pilot tempur legendaris, Halim Perdana Kusuma yang namanya diabadikan oleh pemerintah sebagai Bandara Udara Internasional di Jakarta,” papar Jonathan.

Selain itu, ia juga menyebutkan salah seorang intelektual Islam bernama Ahmad Wahid kelahiran Sampang telah membawa pembaharuan dalam pemikiran Islam kala itu. Serta mantan Gubernur Jatim, RPH Muhammad Noer merupakan pencetus ide pembangunan jembatan Suramadu.

“Mereka semua adalah putra terbaik Sampang yang telah berkontribusi besar terhadap bangsa dan negara ini. Sehingga jejak gemilang para tokoh nasional tersebut patut menjadi suri tauladan dan inspirasi bagi para generasi muda,” tukasnya.

Ia juga berharap bahwa kedepannya masih banyak yang harus diperbuat oleh para generasi muda untuk kemajuan Kabupaten Sampang dan harus bisa menjawab tantangan zaman era milenial dan revolusi industrial yang semakin kompleks.

“Saya berharap di era digital ini seluruh elemen masyarakat untuk siap membangun dari segala aspek kehidupan. Sehingga Sampang bisa sejajar dan mampu bersaing dengan daerah lainnya, untuk meningkatkan perekonomian,” tegasnya.

Rangkaian malam acara resepsi tersebut juga menampilkan kesenian khas Sampang yang telah meraih juara di berbagai kancah kejuaraan tingkat regional maupun nasional, serta pemberian penghargaan kepada para pemuda yang telah meraih prestasi oleh Pemkab Sampang.

“Peringatan Hari jadi Kabupaten Sampang jatuh pada tanggal 12 bulan Rabiul Awal, momentum tersebut merupakan hari pengangkatan dan pelantikan Raden Praseno yang bergelar Pangeran Cakraningrat I oleh Raja Mataram, Sultan Agung sebagai penguasa Madura Barat yang berkedudukan kala itu di Madegan. Hal itu di buktikan dengan adanya situs Candi Ratu Ibu di Kelurahan Palagan, ” pungkasnya.(rud)