Diakui Bagus, Tim Penilai KTL Kunjungi Polresta Makota

16 October 2020 - 21:07 WIB
Kasi Kamsel Ditlantas Polda Jatim, AKP Hariyanto saat melakukan pengecekan di kawasan KTL jalan Ijen Besar, Kota Malang

MALANG (SurabayaPost.id) – Polresta Malang Kota menerima kunjungan tim penilai lomba Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Ditlantas Polda Jawa Timur (Jatim), Jumat (16/10/2020). Tim yang dipimpin Wadir Lantas ini berkunjung untuk melihat secara langsung bagaimana KTL berjalan sesuai progresnya dalam meningkatkan disiplin berlalu lintas serta menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Kota Malang.

Didampingi Kasatlantas AKP Ramadhan Nasution dan beberapa anggota, tim mengecek pelaksanaan KTL disepanjang jalan Ahmad Yani, jalan Borobudur hingga Pos Polisi Alun Alun (90) Kota Malang. Selain itu, pengecekan juga dilakukan di sepanjang jalan Ijen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

AKP Ramadhan Nasution menjelaskan, selain terkait dengan kondisi jalan, rambu dan ketertiban pengendara yang melintas, tim juga memeriksa administrasi dan pelaporan rutin KTL sebagai bagian dari pertanggungjawaban petugas dilapangan.

“Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian oleh tim diantaranya kelengkapan sarana prasarana jalan, ketertiban pengendara, tingkat keaktifan petugas hingga terkait dengan laporan pelaksanaan tugas” Ujar Rama sapaan Kasat Lantas Polresta Malang Kota usai mendampingi tim melakukan penilaian di jalan Ijen, Klojen, Kota Malang.

Kasi Kamsel Ditlantas Polda Jatim, AKP Hariyanto memberikan keterangan kepada wartawan terkait pengecekan KTL di Kota Malang

Penilaian lokasi tersebut dimaksudkan untuk memastikan, bahwa benar benar sudah tertib dan minim pelanggaran. Bahkan tidak ada fasilitas yang kurang. Tentunya, hal itu dilombakan di seluruh wilayah Jawa Timur.

“Hari ini yang datang Wadir Lantas bersama Kasi Kamsel serta anggota tim lainnya. Untuk memastikan bahwa sudah tidak ada fasilitas yang kurang secara umum. Termasuk pengecekan sarana apa saja yang masih kurang,” jelasnya.

Ia menambahkan, beberapa kawasan yang menjadi obyek pengecekan, mulai dari jalan A. Yani, Jl. Borobudur hingga Pos Polisi Alun Alun (90) Kota Malang. Selain itu, juga dilakukan di sepanjang Jl. Ijen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Disinggung apa saja persyaratan yang dinilai, Rama, sapaan Kasat Lantas menerangkan, jika apa saja untuk KTL yang diminta sudah dipenuhi. Sehingga, lokasi yang dimaksudkan, sudah memenuhi syarat dan tidak ada kekurangan.

“Semua sudah kita penuhi. Tadi juga bersama Dishub, Satpol PP dan instansi terkait yang berada di lokasi. Tujuaanya, untuk melakukan penertiban penertiban yang perlu dilakukan,” lanjut Rama.

Rombongan tim Ditlantas Polda Jatim dan jajaran Satlantas Polresta Malang Kota, pose bersama usai pengecekan KTL di Kota Malang

Sementara itu, Kasi Kamsel Ditlantas Polda Jatim, AKP Hariyanto menerangkan, jika jalur KTL di Kota Malang sudah cukup bagus. Kendati demikian, ia pun menyebut agar jalur KTL tidak terjadi pelanggaran yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Disini sudah cukup bagus , tentunya diharapkan kedepan tidak ada lagi potensi pelanggaran dan kejadian kecelakaan di jalur KTL,” terangnya.

Pantauan tim Ditlantas dan penilaian di beberapa jalur KTL di wilayah hukum Polresta Malang Kota, Hariyanto menyebut bahwa semuanya sudah bagus. Dijelaskannya seperti pantauan di Pos Alun – Alun Merdeka, jalan Ahmad Yani, KTL Jalan Borobudur serta jalan Ijen semuanya terpantau sudah baik.

“Semuanya sudah cukup bagus. Namun ada beberapa yang harus dilengkapi. Kami berharap tidak terjadi pelanggaran di jalur KTL ini,” pungkasnya.