Dikosongkan, Puluhan Pemuda Segel Kantor Wakil Bupati Tulungagung

28 October 2020 - 14:52 WIB
Para pemuda saat melakukan aksi unjuk rasa.

TULUNGAGUNG, (SurabayaPost.id) –
Puluhan pemuda yang tergabung di Aliansi Masyarakat Tulungagung Bergerak, Rabu (28/10/2020) menggeruduk kantor Wakil Bupati Tulungagung di Jalan Yos Sudarso.

Sebelum melakukan orasi, puluhan pemuda tersebut melakukan penyegelan berupa banner. Itu sebagai bentuk protes atas kekosongan wakil bupati di Tulungagung.

Koordinator Aksi Aliansi Masyarakat Tulungagung Bergerak, Slamet Riyanto mengatakan, sudah 1 tahun lebih Kabupaten Tulungagung tidak mempunyai sosok Wakil Bupati. “Selama ini masyarakat Tulungagung hanya dipimpin secara tunggal, yakni cuma Bupati saja,” ujarnya.

Dia mengatakan kurang ideal bila roda pemerintahan kabupaten hanya dilakukan secara sendirian. “Kekosongan tersebut berimplikasi pada lemahnya kinerja pemerintahan serta daya saing dengan kabupaten tetangga,” jelasnya.

Untuk itu, ia mendesak kepada pemerintah pusat agar secepatnya mengisi kekosongan tersebut.

Menanggapi hal itu, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo melalui Kabag Humas dan Protokol Galih Nusantoro mengatakan, terkait pengisian wakil bupati, pemerintah daerah tunduk pada aturan undang-undang. “Mau diisi kita siap, mau tidak diisi kita juga harus siap,” pungkasnya. (Zainul Fuad)