Disparta Beber Program pada Komisi B

7 August 2021 - 19:38 WIB

BATU (SurabayaPost.id) – Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu beberkan beberapa programnya kepada Komisi B DPRD Kota Batu di Desa Wisata Kebon Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji,  Jumat (6/8/2021).

Dalam rapat tersebut Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq, menyampaikan beberapa program yang langsung menyentuh masyarakat. 

“Kami bersama Komisi B DPRD Kota Batu selaku pengarah dan pembina sektor pariwisata melakukan diskusi tentang pariwisata saat ini. Kami juga menyampaikan program-program kami yang secara langsung menyentuh masyarakat,” kata Arief.

Itu, kata dia, terkait beberapa programnya baik membentuk badan promosi pariwisata daerah (BPPD), Perda Desa Wisata, dan mempersiapkan batu tourism mall (BTM), serta penyusunan rencana induk pariwisata daerah (Riparda). 

“Dengan program yang tengah berjalan tersebut akan kami siapkan ketika pandemi berakhir. Sehingga dengan program tersebut mampu mengangkat potensi wisata yang ada dan meningkatkan kunjungan wisata,” paparnya.

Lantas, papar dia, untuk BPPD nantinya akan memiliki tugas mempromosikan pariwisata di Kota Batu. Kemudian Perda Desa Wisata untuk membuat aturan hukum terkait bantuan bagi desa/kelurahan wisata. 

“Sedangkan untuk BTM akan menjadi titik kumpul pelaku wisata, asosiasi pariwisata, dan pusat informasi tentang pariwisata. Juga Riparda yang akan berisi rencana pariwisata sesuai kebutuhan dan dinamika pariwisata yang ada di Kota Batu,” ujarnya.

Arief As Siddiq

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Kota Batu, Hari Danah Wahyono berjanji untuk mendukung dengan program yang telah disampaikan oleh Disparta Kota Batu.

“Disparta meski di tengah pandemi tetap menyusun dan melaksanakan program dengan menerapkan protokol ketat,” ucapnya.

Yang perlu digaris bawahi, menurut Hari Danah, di masa pandemi ini memang berat. Terlebih mobilitas masyarakat sedang dibatasi, tapi Disparta terus berinovasi.

“Saya acungi jempol karena Pak Arief tetap menjalankan programnya dengan baik. Sehingga ketika pandemi usai, semua semuanya sudah siap untuk menyambut wisatawan,” puji Hari Danah.

Selanjutnya, untuk mewakili dewan, ia ingin Disparta lebih banyak inovasi lagi untuk mempromosikan dan memperkenalkan 24 desa/kelurahan wisata yang ada di Kota Batu kepada masyarakat. 

“Sehingga desa/kelurahan wisata yang secara langsung dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat,” harapnya. (Gus)