Fakultas Ilmu Kesehatan Unigres Peringati HUT PPNI Ke-50 DPD PPNI Gresik

GRESIK (SurabayaPost.id)–Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik (Unigres) andil memperingati HUT Hari Perawat Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang ke-50 tahun dengan tema “Tahun Emas PPNI Peduli Untuk Bersinergi”. Peringatan yang dihelat di Icon Mall itu di hadiri 3000 perawat.

Menurut Ketua DPD PPNI Kabupaten Gresik Nur Chakim, S.Kep.,Ns dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini adalah momen seluruh perawat se-Kabupaten Gresik sejumlah 3.000 perawat berkumpul yang juga dihadiri oleh Organisasi Profesi dan Institusi Pendidikan salah satunya adalah Universitas Gresik.

“Perawat adalah profesi yang berorientasi pada pelayanan kesehatan dengan segala perencanaan atau tindakan mandiri untuk membantu meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat,” kata Nur Chakim saat memberikan sambutan

Ia menekankan profesionalitas perawatan untuk terus ditingkatkan dengan berbagai kegiatan sesuai dengan fungsi perawatan itu sendiri.

“Ada tiga fungsi perawat dalam menjalankan perannya yaitu,¬†fungsi independen perawat, fungsi dependen perawat dan fungsi interdependen perawat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tesebut, Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Keperawatan dan K3 Unigres juga menampilkan UMKM Mahasiswa dan juga kegiatan Talkshow Kesehatan yang dimoderatori langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Hj Retno Twistiandayani, S.Kep,Ns.,M.Kep. Membahas tentang Implikasi Undang-Undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023 dengan narasumber Prof Dr H Nursalam, M.Nurs (Hons), selaku Ketua DPW PPNI Provinsi Jawa Timur.

“Ada 3 poin besar yang harus dilakukan dengan pengesahan UU Kesehatan tersebut, yang Pertama Adaptasi, kita harus bisa beradaptasi dan tentunya legowo dengan UU Kesehatan inI. Kedua Integritas, kita harus mempunyai Kerjasama dengan organisasi profesi dan institusi lain untuk mengadakan Pendidikan, pelatiha dsb. Yang ketiga Resiliensi yaitu harus Tangguh dan kuat,” kata Retno Twistiandayani mengutip pernyataan Prof Dr H Nursalam.

Ditambahkan Hj Retno, talkshow juga dihadiri oleh Ketua DPK PPNI se-Kabupaten Gresik, Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik dan seluruh peserta perawat sejumlah 100 orang. Respon dan antusias perawat sangat positif. “Mereka aktif mengajukan beberapa pertanyaan terkait tema yang disampaikan dan berdiskusi kendala yang dihadapi pada perawat di instansinya masing-masing,” imbuhnya.

Pada akhir diskusi, Hj Retno Twistiandayani, S.Kep,Ns.M.Kep menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof Nursalam, M.Nurs (Hons) dan seluruh peserta yang hadir. Semoga kedepan kegiatan seperti ini bisa lebih ditingkatkan lagi, dan Kami Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik siap mendukung dan bersinergis dengan DPD PPNI Kabupaten Gresik untuk kemajuan PPNI pada khususnya.