Gelar Pasukan, Wali Kota Beber Pentingnya Linmas

10 April 2019 - 19:45 WIB
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko melakukan inspeksi pasukan saat gelar pasukan pengamanan Pemilu 2019

BATU (SurabayaPost.id) – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjadi pembina apel Gelar Pasukan Satlinmas dalam rangka persiapan dukungan pengamanan pemilu legislatif, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Gelar pasukan itu dilaksanakan di halaman parkir sebelah timur Kantor Balaikota Among Tani Pemkot Batu, Rabu (10/4/2019) .

Gelar pasukan tersebut melibatkan beberapa instansi terkait. Gelar pasukan itu mengusung tema, Peningkatan Ketentraman dan Ketertiban Umum, Melalui Optimalisasi Peran Satuan Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Guna Mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

Hadir dalam apel tersebut Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, Kajari Batu Sri Heny Alamsari. Selain itu Pabung 0818 Batu-Malang, Komandan Arhanud, Dohar dan Lemjiantek, Perwakilan Kemenag Kota Batu. Sekda Kota Batu beserta Kepala SKPD Kota Batu, Sekretaris KPU Thomas M, serta seluruh anggota Linmas se-Kota Batu.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, yang didampingi oleh Forkopimda sebelum membacakan sambutan, Dewanti Rumpoko melaksanakan inspeksi pasukan.

Lantas Dewanti Rumpoko menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat.

“Salah satu tugas pokok dan fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat adalah Membantu Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan dalam Penyelenggaraan Pemilu,” tegasnya.

Dengan begitu, tegas dia, Pemerintah Kota Batu menyadari bahwa dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab penyelenggaraan, jenis pelayanan tersebut tidak dapat melaksanakan sendiri.

” Karenanya perlu dukungan, partisipasi, dan peran aktif dari instansi TNI, POLRI dan lembaga – lembaga yang lain dan Masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dewanti Rumpoko menyampaikan soal keberadaan Linmas. Menurutnya, Linmas tidak boleh dipandang sebelah mata, karena linmas merupakan elemen penting dalam pengamanan.

“Dari, oleh dan untuk masyarakat. Untuk itu atas nama Pemerintah Kota Batu kami sampaikan penghargaan dan terima kasih atas kepedulian dan pengabdian Bapak/Ibu Linmas dalam pengamanan Pemilihan Umum di 17 April 2019 akan datang,” pesannya.

Karena kesuksesan Pemilu 2019 bukan hanya tugas beberapa pihak saja, menurut Dewanti Rumpoko,hal tersebut adalah tugas kita bersama.

“Mulai dari Linmas, TNI, Polri, Parpol dan semua elemen masyarakat agar bersama-sama turut serta mensukseskan Pemilu 2019 mendatang,” harapnya. (gus)