Hore…! Jatim Park 1 dan Museum Tubuh Bakal Dibuka Kembali

30 September 2020 - 18:48 WIB
General Manager Jatim Park 1 dan Museum Tubuh, Bambang Priana

BATU (SurabayaPost.id) – Enam bulan lebih Jatim Park 1 dan Museum Tubuh tutup total. Hal itu karena pandemi Covid-19.

Sesuai rencana dua destinasi wisata itu dikabarkan akan buka kembali mulai Sabtu (3/10/2020) mendatang. Kabar tersebut, dibenarkan General Manager Jatim Park 1 dan Museum Tubuh, Bambang Priana, Rabu (30/9/2020).

Menurut Bambang kabar baik itu, diyakini bakal membuka nadi perekonomian di bidang usaha dunia wisata di Kota Batu.

“Sabtu 3 Oktober 2020 Jatim Park 1 dan Museum Tubuh akan buka kembali. Itu setelah enam bulan lebih tutup karena pandemi,” katanya.

Terkait rencana pembukaan itu, Bambang mengaku sudah melakukan persiapan dengan matang dan memberlakukan protokol kesehatan untuk menyambut kembali pengunjung, dengan begitu.

“Pada acara re-opening nanti, Jatim Park 1 dan Museum Tubuh akan berkolaborasi dengan sanggar tari Karsa Budaya. Tema yang diusung tradisional khas Jawa, dengan judul Giri Manthana sebagai awal dibukanya kembali dua destinasi wisata itu,” paparnya.

Prosesinya, papar dia,akan diawali dengan Cucuk Lampah membuka jalan yang diyakini sebagai menolak bala atau bencana.Selain itu diyakini pula bakal mengusir semua bentuk gangguan dalam wujud apa saja, seperti halnya, kata dia.

“Roh jahat yang bisa menganggu. Kemudian, dibelakang Cucuk Lampah akan ada arak-arakan tumpeng, jajanan pasar yang diikuti oleh maskot Jatim Park 1 Punakawan,” tandasnya.

Itu, tandas dia, Punakawan adalah kisah wayang asli Jawa. Menurutnya mewakili semangat theme park Jawa Timur Park Group.

“Dengan kerendahan hati, kecerdasan, dan tawa yang ditunjukkan Semar, Gareng, Petruk, Bagong diwujudkan oleh Jawa Timur Park Group. Itu dengan menghadirkan beberapa taman rekreasi keluarga yang bisa memanjakan wisatawan,” ujarnya.

Selain itu, ujar dia, Punakawan adalah simbol yang sangat ikonik. Itu yang dipakai sebagai ikon Jatim Park 1.

“Acara re-opening akan dimulai pukul 08,15 – 09.00 di Jatim Park 1. Acara tersebut tetap harus mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker agar dalam liburannya aman dan nyaman,” pungkasnya. (Gus)