Jelang Mudik, Satlantas Polres Batu Simulasi Uji Coba Alih Arus dan Sosialisasi Jalur Alternatif 

21 April 2022 - 13:04 WIB

BATU (SurabayaPost.id) – Pemerintah memperbolehkan mudik Lebaran tahun ini, Satlantas Polres Batu bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Diashub) Satpol PP dan instansi terkait lainnya untuk  melakukan pola guna mengantisipasi lonjakan arus mudik maupun arus balik nantinya.

Itu, salah satu cara yang dilakukan oleh Satlantas Polres Batu adalah dengan mencarikan jalur alternatif dan pengalihan arus di beberapa titik, hal ini untuk mengatasi lonjakan arus kendaraan yang 
akan melewati Kota Batu.

Kasat Lantas Polres Batu, AKP Indah Citra Fitriani mengatakan guna mengantisipasi arus mudik maupun arus balik Lebaran tahun ini.

“Satlantas Polres Batu bersinergi dengan stakeholder yang lainnya melakukan uji coba pengalihan arus dan sosialisasi jalur alternatif,” kata Indah sapaan akrab Kasat Lantas Polres Batu, Rabu (21/4/2022).

Itu, kata dia, telah bekerja sama dengan dinas terkait, diantaranya TNI, Dishub dan Satpol PP Kota Batu guna melakukan pola – pola untuk mengantisipasi Mudik Lebaran Idul Fitri 1443H.

“Ada beberapa titik yang hari ini akan dilakukan uji coba pengalihan arus lalu lintas, diantaranya adalah di Alun – alun Kota Batu, Pertigaan Bendo, Pertigaan Pendem, Pertigaan TMP dan juga Jalan Dewi Sartika,” ujarnya.

Lantas, ujar dia, diperkirakan puncak arus mudik Lebaran tahun ini pada tanggal 28,29 dan 30 sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan

“Pada kesempatan ini Kami juga memberikan himbauan kepada para pemudik agar melaksanakan mudik lebih awal agar  terhindar dari kemacetan serta tetap mentaati Protokol Kesehatan,” tegasnya.

Dengan dilakukannya uji coba, tegas dia, untuk pengalihan arus di beberapa titik, diharap bisa mengurangi kemacetan.

“Baik disaat arus mudik maupun arus balik nanti,” pungkasnya (gus)