Kabiddokkes Polda dan Kapolres Resmikan  FTKP Polres Batu 

5 November 2019 - 16:17 WIB
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama ,saat rampung prosesi peresmian FTKP

BATU (SurabayaPost.id) – Kabiddokkes Polda Jatim Kombes Pol drg Triawan Marsudi bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama, meresmikan Faskes Tingkat 1 Klinik Pratama (FTKP) Polres Batu, Selasa (5/11/2019).

Fasilitas  FTKP di Polres Batu tersebut, menurut Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama yang sapaan akrabnya Harvi itu, akan digunakan untuk kepentingan sosial. Baik itu untuk personil Polisi sendiri maupun  masyarakat Kota Batu.

” Kita ingin memberikan manfaat lebih besar agar personel Polisi maupun masyarakat Kota Batu mendapat pelayanan kesehatan yang maksimal. Ada satu dokter umum dan satu lagi dokter gigi.Sebelumnya mereka sudah berjalan di Polres Batu,dan itu nantinya akan digeser di tempat FTKP ,” kata Harvi.

Sedangkan lanjut dia, terkait jam operasionalnya sementara mengikuti jam dinas. Yakni mulai pagi sampai jam sore.

Meski begitu, Harvi kedepannya bakal berupaya untuk memperpanjang  jam operasionalnya. “Biar tengah malam pun apabila dibutuhkan, Insha Allah kita siap memberikan pelayanan,” tandasnya.

Sedangkan untuk Faskes tersebut,menurut dia hanya bisa melayani lebih ke rawat jalan.Sedangkan dengan kapasitasnya menurut Harvi bisa menerima pasien sebanyak – banyaknya.

“Siapapun juga yang mau berobat kesini tidak jadi masalah. Karena salah satu tujuan utamanya, agar personel Polri sendiri supaya bisa tercover pelayanan kesehatannya,” tegasnya.

Yang perlu diketahui tegas dia, kunjungan  dari Kabiddokes dari Polda Jatim itu, sekaligus meresmikan Klinik.

” Klinik Pratama di Polres Batu, pembangunannya dibiayai dari Pidokkes Polda Jatim.Sedangkan untuk penggunaan operasionalnya diserahkan di Polres Batu,” jelasnya.

Lantas jelas dia, dengan adanya tambahan klinik tersebut, menurut Harvi agar bisa mengoptimalkan pemberian pelayanan kesehatan dengan baik.Selain itu kata dia, tidak hanya untuk pelayanan kesehatan saja.

” Tapi ada fungsi lainnya dan, mudah – mudahan semakin bisa mendekatkan Polri dengan masyarakat.Dengan diresmikan ini mudah – mudahan pula dengan waktu dekat akan kami penuhi juga untuk fasilitas pendukungnya,” harapnya.

Dengan klinik yang sebelumnya,kata dia, menggunakan di Rumdin Kapolres Batu tersebut, dengan harapan segera bisa geser di tempat yang baru ini,alasannya.

” Karena lebih nyaman dan lebih representatif serta lebih bernuansa  hangat buat masyarakat Kota Batu,” timpalnya.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol drg , Triawan Marsudi menambahkan, untuk jajaran Polda Jatim menurutnya ada sejumlah 46 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Yang sejumlah  39 ada di masing – masing Polres dan yang sejumlah 7  terbagi di markas Brimob serta Polair dan sebagainya. Jadi  FKTP itu yang pertama kali mengunjungi pasien – pasien yang sakit nanti ke rumah rumah. Kecuali yang sifatnya darurat,” pungkasnya (Gus)