Kadin Bentuk Koperasi Mikawa

25 June 2020 - 20:22 WIB
Endro Wahyu

BATU (SurabayaPost.id) – Ingin menampung kendala masyarakat dan ingin mencarikan solusi, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu bentuk Koperasi Mikawa yang memiliki arti migunani kanggo warga (Berguna untuk warga).

Hal itu disampaikan Ketua Kadin Kota Batu Endro Wahyu Wijoyono, Kamis (25/6/2020). Menurut pemangku Kadin Kota Batu yang sapaan akrabnya Abah Hendro ini, koperasi yang digagas tersebut agar bisa membawa harapan nyata dan bisa menampung apa yang jadi kendala masyarakat Kota Batu selama ini.

“Berdirinya koperasi ini bukan hanya secara administrasi dan sebatas formalitas saja.Tapi Kadin ingin berbuat dan memberikan solusi.Baik untuk petani, pelaku wisata dan jasa transportasi serta beberapa sektor yang mandek ( berhenti) pada masa pandemi ini,” katanya.

Apalagi, kata dia, fenomena sekarang,banyak petani yang kesulitan menjual hasil panennya dan pemasarannya.Sedangkan lanjut dia, mereka sudah mengeluarkan modal besar mulai bercocok tanam hingga masa panen,sudah tak bisa diharapkan untungnya.

“Kami ingin para petani tidak kesulitan dalam melakukan pemasaran baik ke dalam maupun diluar Batu.Setidaknya koperasi ini bisa mengakomodir segala kebutuhan masyarakat di Kota Batu serta bisa berbuat banyak pada masyarakat,” harapnya.

Yang perlu diketahui, menurut Abah Hendro ada beberapa poin yang menjadi pembahasan bersama.Itu menurut dia dalam sektor permodalan karena.

“Akibat pandemi Covid-19, yang dampaknya luar biasa ini, yang mana dalam sektor perdagangan, serta pelaku wisata dan transportasi.Pelaku-pelaku itu harus disuport agar mendapatkan modal untuk mempercepat roda perekonomian,” tegasnya.

Dengan demikian,tegas dia, akan menjembatani mereka, khususnya anggota koperasi.Dan menurutnya akan menghimpun dana yang nantinya bakal disalurkan.

“Baik action langsung atau memfasilitasi. Tadi dalam rapat pembentukan koperasi ini dari seluruh anggota kadin sepakat mengeluarkan uangnya dari masing – masing anggota senilai Rp 500 ribu. Dengan besaran itu untuk simpanan pokok senilai Rp 100 ribu sebagai simpanan wajib yang diberikan tiap bulan,” terangnya.

Itu terang dia, dari hasil pengumpulan uang dari anggotanya. Menurut Abah Hendro hal itu bakal dijadikan modal awal. Selain itu nantinya ada modal penyertaan pengurus dan pengawas koperasi.

“Kadin merupakan wadah dunia usaha, dan harus dapat dirasakan kiprahnya dalam pengembangan dunia usaha terutama di sektor usaha kecil menengah. Kedepannya Kadin harus menjadi gerbong yang bisa mengakomodasi dan mengembangkan semua gerbong perdagangan dan industri,” janjinya.

Oleh karena itu, janji dia lagi sepak terjang Kadin Batu harus mampu dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan bukan hanya dari pengusaha ke pengusaha saja.

“Semoga koperasi ini bisa menjadi salah satu solusi dan bisa membawa manfaat bagi penghuni bumi Kota Batu,” timpalnya. (Gus)