Kajari Heny Dimutasi ke Jambi, Kajari Supriyanto Jadi Harapan Baru di Kota Batu

29 July 2020 - 14:35 WIB
Dr Supriyanto SH MH Kajari Kabupaten Gorontalo di Limboto bakal menjabat Kajari Kota Batu

BATU (SurabayaPost.id) – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu, Dr Sri Heny Alamsari SH MH dimutasi. Dia menjabat sebagai Asisten Bidang Pembinaan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi. Sedangkan pengganti Heny sebagai Kajari Kota Batu adalah Dr Supriyanto SH MH. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kajari Kabupaten Gorontalo di Limboto.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia, No Kep- IV – 528/c/07/2020 yang beredar bebas di media sosial (Medsos), Rabu (29/7/2020). Isi surat tertanggal 17 Juli 2020 itu tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan struktural di lingkungan Kejaksaan sebagai hasil rapat pimpinan Jaksa Agung Republik Indonesia.

Dalam surat itu menyebutkan bahwa Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu di Batu, Dr Sri Heny Alamsari SH MH dimutasi sebagai Asisten Bidang Pembinaan pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi. Sedangkan di Kejaksaan Negeri Batu bakal dijabat Dr Supriyanto SH MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Kabupaten Gorontalo di Limboto.

Kajari Dr Sri Heny Alamsari

Kajari Kota Batu, Dr Sri Heny Alamsari belum berhasil dikonfirmasi terkait hal tersebut. Sebab kala dihubungi via ponselnya belum memberikan respon.

Kepala Seksi Inteljen (Kasi Intel) Kejaksaan Negeri Batu, Deddy Agus Oktavianto SH MH, Rabu ( 29/7/2020) tidak membantah soal mutasi tersebut. Meski begitu, Deddy mengaku belum melihat dan membaca surat Kejagung itu.

“Maaf saya belum melihat surat itu dan saya sekarang masih ada diluar kantor. Tapi itu benar adanya,” kata Daddy.

Saat disinggung terkait serah terima jabatannya kapan, Deddy mengaku tidak tahu. Menurut dia biasanya satu sampai dua bulan lagi. Alasannya karena biasanya menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya dulu.

“Ya, biasanya satu sampai dua bulan lagi mas. Itu karena harus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya dulu yang ada di kejaksaan,” kata dia.

Terkait kabar tersebut, Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Ormas Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu Endro Wahyu menyambut positif kehadiran Kajari Batu yang baru Dr Supriyanto SH MH. Menurut dia, Kajari Supriyanto diyakini akan membawa harapan baru yang lebih baik untuk masyarakat Batu.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Ormas Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu Endro Wahyu

“Berdasarkan informasi yang beredar, Kejari dari Gorontalo, Supriyanto, yang bakal menjabat Kepala Kejaksaan Negeri Batu, itu sangat luar biasa. Itu karena prestasinya yang terukir dan membawa nama harum dalam penegakan hukum,” paparnya.

Ketua PP yang akrab disapa Abah Hendro ini mengaku pernah membaca di beberapa media online terkait prestasi Supriyanto. “Capaian sepanjang tahun 2019, Kejari Kabupaten Gorontalo itu telah melaksanakan tugas – tugas sesuai tupoksinya. Di antaranya dalam pembinaan yang telah dilaksanakan sangat maksimal,” tandasnya.

Menurut dia, Kajari Dr Supriyanto SH MH itu telah melaksanakan 11 program kegiatan. Dia sebutkan seperti jaksa sahabat guru, jaksa sayang anak dan jaksa masuk masjid serta jaksa masuk pasar.

“Termasuk program pengawalan dan pembangunan pemerintahan daerah dan lain sebagainya. Hal yang dilakukan dia guna membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi sosialisasi hukum,” terangnya.

Itu, terang dia, program-program luar biasa. Selain itu, dalam beberapa media menyebutkan jika Supriyanto sepanjang tahun 2019 juga menerima surat pemberitahuan, melalui Polres, Polsek dan Polda sedikitnya 292 kasus pidana umum melalui penyidikan (SPDP).

“Ada beberapa Perkara yang ditangani, termasuk kasus penipuan/penggelapan sebanyak 27 perkara, pencurian 23 perkara, lakalantas 20 perkara, perjudian 18 perkara, Fidusia 17 perkara, narkotika 16 perkara, pengoroyokan 13 perkara, dan penghinaan 12 perkara,” Tutur Abah Hendro berdasarkan informasi rekam jejak Supriyanto yang diperoleh dari beberapa media.

Tak hanya itu. Abah Hendro juga mengaku sempat membaca pula di surat kabar pada tahun 2019 yang menerangkan bila Kejaksaan Negeri Gorontalo memperoleh seabrek penghargaan. Di antaranya penghargaan dari Bupati Gorontalo, terkait peningkatan kualitas penanganan hukum dengan berbagai inovasi.

Selain itu penghargaan dari Menteri PANRB terkait wilayah bebas korupsi. ”Lalu dari Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, sebagai Kejaksaan Negeri terbaik tahun 2019 serta penghargaan Kepala Sub Bagian Pembinaan terbaik satu tahun 2019,” ungkapnya.

Makanya, Abah Endro optimistis kepemimpinan Supriyanto bakal membawa perubahan yang lebih baik dalam menangani perkara hukum di tubuh Kejaksaan Negeri Batu. “Saya yakin, karena rekam jejaknya sangat bagus. Mudah-mudahan semangatnya seperti di Gorontalo. Karena Kejaksaan Negeri Batu sangat butuh sosok Kajari yang tegas dan punya integritas dalam menjalankan tugasnya,” pungkasnya. (Gus)