Kapolres Makota Bersama Dandim 0833 Pantau Pelaksanaan Pemilu

17 April 2019 - 21:26 WIB
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri bersama Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri bersama Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson

MALANG  (SurabayaPost.id) –  Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri bersama Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson memantau langsung pelaksanaan Pemilu 2019. Mereka memantau langsung beberapa TPS,  Rabu (17/4/2019).

Kapolres Asfuri menyatakan bahwa sejauh ini gelaran pesta demokrasi Pemilu 2019 aman dan kondusif. Sebab, hingga saat ini belum mendapatkan laporan terkait gangguan yang ada di TPS-TPS.

“Kami sudah mendatangi beberapa titik yang dikatakan rawan berdasarkan pantuan di media sosial beberapa waktu lalu. Hasilnya aman dan tidak ada kendala,” tutur Asfuri di TPS 01 Jl. BS Riadi, Oro Oro Dowo, Kota Malang.

Terkait dengan adanya kegiatan memutihkan TPS, kata Asfuri kegiatan itu tidak benar. Menurutnya, partisipasi dari masyarakat dan kesigapan petugas di lapangan sejauh ini cukup bagus.

“Kemarin memang beredar isu-isu tidak sedap di media sosial  (medsos), tapi itu tidaklah benar. Kami sudah melakukan pemantauan-pemantauan ke sejumlah lokasi,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan surat suara, Asfuri mengatakan, baik TNI/Polri akan memberikan pengamanan hingga sampai ke PPK.

Dirinya juga siap menerjunkan petugas yang sudah stand by di Polresta maupun Polsek untuk membantu tim di lapangan.

“Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, sudah ada petugas yang stand by. Semoga saja lancar, aman, dan kondusif sampai usai perhitungan suara nanti,” imbuhnya.

AKBP Asfuri juga memastikan sejauh ini proses pencoblosan dan penghitungan suara Pemilu 2019 berjalan lancar. “Hasil patroli dan pemantauan bersama pak Dandim,  kami belum mendapatkan kejadian yang menonjol. Saya bersama Dandim juga cek ke TPS rawan juga, tidak ada apa-apa,” katanya.

Meski begitu, Asfuri mengatakan masyarakat agar tetap menjaga suasana kondusif sampai hasil perhitungan resmi keluar dari KPU.

“Sementara ini semua berjalan baik. Partisipasi juga diharap membaik,” pungkasnya. (lil)