Kodim 1605/Belu Masuk Nominasi Binter Tingkat Nasional 2019

2 April 2019 - 20:36 WIB
Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan pose bersama Tim Penilai Binter Tingkat Nasional 2019.

ATAMBUA (SurabayaPost.id)-   1605/Belu masuk dalam nominasi Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Nasional 2019 bersama tiga kodim perbatasan lainnya,  yakni Kodim 1204/Sanggau di Kalimantan Barat, Kodim 1701/Jayapura dan Kodim 1508/Tobelo.

Hal itu disampaikan Ketua Penilai Lomba Binter Tingkat Nasional Danspusdikter Pusterad Kolonel Inf. Toto Nurwanto saat bertatap muka dengan Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan di ruang Rapat Kantor Bupati Belu, akhir pekan lalu.

Danspusdikter Pusterad Kolonel Inf. Toto Nurwanto, SIP, MSi  hadir bersama Puanter Kodam IX Udayana Letkol. Inf. I Nyoman Sulindra Pabandya dan Dandim 1605/Belu Letkol. Inf. Ari Dwi Nugroho.

Wakil Bupati Belu Drs J. T. Ose Luan saat menerima Tim Penilai Binter Tingkat Nasional 2019.

Danspusdikter Pusterad Kolonel Inf. Toto Nurwanto, SIP, MSi selaku Ketua Tim menjelaskan, kunjungan Kerja Pusterad ke Kabupaten Belu untuk melakukan penilaian Binter Tingkat Nasional Tahun 2019.

“Kodim 1605/Belu masuk dalam nominasi perbatasan bersama tiga Kodim lainnya yang kami nilai. Tim kami sudah menilai administrasi dan kegiatan teritorial. Kami melakukan silahturahmi ke bupati dan Forkompimda. Hasil penilaian itu kami bawa ke forum tingkat pusat dan mudah-mudahan Kodim 1605/Belu menjadi juara tingkat nasional,” ungkap Toto Nurwanto.

Menurut dia, Kodim perbatasan yang dinilai yakni Kodim 1605/Belu di NTT, Kodim 1204/Sanggau di Kalimantan Barat, Kodim 1701/ Jayapura dan Kodim 1508/Tobelo. Mereka juga melakukan silahturahmi ke tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda.

“Kami sudah sharing dan komunikasi bagaimana keberadaan Kodim di sini. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Kodim harus membantu Pemerintah Daerah dalam kegiatan apa saja, termasuk menanggulangi bencana alam, pembinaan kemasyarakatan. Kami berharap, sinergitas tetap ditingkatkan sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran Kodim,” ujarnya.

Wakil Bupati Belu Drs. J.T. Ose Luan mengatakan, Tim Penilai dari Jakarta dan Kodam IX/Udayana datang melakukan penilaian terhadap keberadaan Kodim dalam rangka pembinaan teritorial, bagaimana hubungan dengan Forkompimda Plus, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan pihak lain terkait keterlibatan Kodim 1605/Belu dalam setiap kegiatan pembangunan.

“Hubungan Pemerintah Daerah dengan TNI dalam hal ini Kodim 1605/Belu sangat besar dalam hal-hal tertentu, baik fisik maupun non fisik. Mereka selalu terlibat terutama bencana alam dan jalan raya yang rusak. Mereka selalu terlibat sekaligus melaksanakan tugas pembinaan teritorial. Di dalamnya juga ada tugas pembinaan wilayah karena mereka tergabung dalam unsur pemerintah dan stakeholders,” jelas Wabup Ose.

Wabup Belu berharap Kodim 1605/Belu bisa menjadi yang terbaik dari tiga Kodim Perbatasan yang turut dinilai.

“Kita harap Kodim 1605/Belu bisa menjadi juara. Tetapi, masuk dalam nominasi empat besar ini saja sudah menjadi satu kebanggaan, walaupun ada hal-hal yang kurang dari kebersamaan kita, tetapi nilai-nilai kebersamaan dan persahabatan yang kita jalin di Kabupaten Sahabat selama ini terus memotivasi kita untuk bersama membangun wilayah perbatasan demi kejayaaan dan keutuhan NKRI,” demikian Wabup Ose. (cyk)