Lakukan Reboisasi, Polres Batu Gandeng DLH Pemkot  Batu 

10 January 2020 - 23:38 WIB
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK,MIK bersama anggota dan Bhayangkari saat melakukan reboisasi

BATU (SurabayaPost.id ) – Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang tak diinginkan,  Polres Batu melakukan penghijauan. Itu dilakukan dengan menanam ribuan pohon di area Mapolres Batu. 

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK,MIK, Jumat (10/1/2020). Menurut pucuk pimpinan Polres Batu yang sapaan akrabnya Harvi ini, kondisi cuaca ekstrim.  

Apalagi kata dia,  belakangan banyak bencana melanda sebagian besar wilayah tanah air. “Termasuk di Kota Batu,” katanya.  

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK,MIK

Untuk mengantisipasi hal tersebut, jajaran Polres Batu secara serentak melakukan penanaman pohon. Ada  2000 batang yang beragam jenis pohon yang ditanam.

“Kegiatan ini sesuai arahan Kapolri dan Kapolda bahwa Polri mempunyai program peduli lingkungan.Ini terkait antisipasi cuaca ekstrim belakangan yang bisa menimbulkan potensi bencana seperti banjir dan tanah longsor, ” kata Harvi. 

Selain itu, lanjut Harvi, aksi tanam pohon di jajaran Polres Batu, diakui mendapat support dari Pemkot Batu melalui Dinas LHK Kota Batu. Dan ribuan pohon yang ditanam semuanya produktif.

Disebutkan dia  seperti jenis tanaman   durian, rambutan. Selain itu alpukat, manggis dan jambu dan lain sebagainya.

“Rencana ke depan penanaman pohon produktif itu bakal bekerjasama dengan Pemkot Batu. Itu  untuk melakukan penanaman pohon di beberapa lahan yang perlu dilakukan penanaman. Terutama di lokasi yang rawan bencana, ” tandasnya. 

Karena, tandas dia, keberadaan pohon sangat penting untuk kelangsungan kehidupan [manusia.Alasannya, pohon dapat menyuplai oksigen dan menjadi penyangga tanah dan air. 

“Gerakan tanam pohon ini, kami dapat turut berkontribusi dan dapat menstabilkan kondisi tanah dan mata air di Kota Batu.Dan mudah – mudahan Kota Batu terhindar dari bencana,” timpalnya. (Gus)