Lantik Sekwan, Walikota Sutiaji Janji Rampingkan OPD

3 December 2018 - 16:44 WIB
Walikota Sutiaji melantik Sekwan, Mulyono.

MALANG (SurabayaPost.id) – Walikota Malang Sutiaji berjanji akan melakukan perampingan terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Janji tersebut disampaikan usai melantik Mulyono menjadi Sekwan di Balaikota Malang, Senin (3/12/2018).

Dia menjelaskan bahwa eselon II akan dirampingkan dari 28 menjadi 22 OPD. “Perampingan itu akan dilakukan saat pelantikan eselon II, Maret 2019 nanti,” kata Sutiaji.

Untuk itu dia mengaku telah mengajukan perubahan Struktur Organisasi ke DPRD Kota Malang. Dia berharap dewan segera menyetujui perubahan tersebut.

“Makanya kami tak melakukan perombakan saat ini. Kami hanya melantik Sekwan. Itu kami lakukan sesuai aturan yang baru,” katanya.

Menurut Sutiaji, dengan adanya perampingan, maka bakal ada OPD yang dimerger. Disebutkan seperti Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Itu akan digabung menjadi satu.

Selain itu, kata dia, Dinas Lingkungan Hidup (LH) akan digabung dengan Dinas PU Perkim dan PU Perumahan Rakyat.

Meski begitu, dia juga menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan akan ditambah fungsinya. Sebab, Pemuda dan Olahraga masuk Dinas Pendidikan.

Begitu juga dengan Dinas Sosial. Fungsinya ditambah dengan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Kaluarga Berencana (PPPAPPKB).

“Karena itu kami ingin seluruh OPD yang terlalu gemuk menjadi ramping tapi kaya fungsi. Sehingga ada penghematan. Itu semua sedang kami susun,” pungkasnya. (Lil)