Lantik Tiga Pejabat, Dewanti: Kepala Dinas Tak Hanya Amanah, Tapi Harus Jadi Contoh Birokrat yang Baik

4 April 2019 - 19:06 WIB
Tiga pejabat yang dilantik sebagai kepala dinas di Pemkot Batu.

BATU  (SurabayaPost.id) –  Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi melantik tiga pejabat sebagai  Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Batu. Pelantikan  ketiga kepala dinas itu digelar di Ruang Rupatama, Balai Kota Among Tani Batu, Kamis (4/4/2019).

Di antara  Kepala OPD tersebut adalah Lirik Mashuri. Dia yang sebelumnya menjabat  Kabid Perpustakaan Dinas Perpus dan Kearsipan ditempatkan sebagai Kepala Dinas Sosial.

Lantas, M Agus Mahmudi, yang sebelumnya menjabat Kabid Promosi Disparta,  diangkat sebagai Kepala Diskominfo. Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dijabat MD Furkan yang sebelumnya sebagai Kabag Organisasi.

Ketiga Kepala Dinas itu menurut Wali Kota  Dewanti Rumpoko berdasarkan hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP). “Jadi mereka terpilih karena merupakan yang terbaik,” papar dia.

Dijelaskan dia bila mereka telah mengikuti berbagai proses yang ada. Termasuk  mengikuti uji komitmen berdasarkan pendekatan psikologi.

Pendekatan psikologi itu, menurut dia,  bisa melihat lebih teliti kepribadian seorang calon pemimpin. “Sehingga terpilih sesuai kebutuhan,” kata wali kota perempuan yang pertama di Malang Raya ini.

Selain itu, kata dia, uji komitmen itu bertujuan untuk memantapkan bahwa calon Kepala Dinas tidak hanya menjadi pemimpin amanah. Tapi harus menjadi contoh seorang birokrat yang baik.

“Jadi para kepala dinas yang terpilih bisa menjunjung tinggi nama baik dan menjaga rahasia serta melindungi OPD. Mereka yang memiliki komitmen untuk mengarahkan dan mendampingi anak buahnya,” pesannya. (gus)