Longsor, Polsek Ngantang Langsung Lakukan Evakuasi

20 March 2020 - 15:34 WIB
Tim Reaksi cepat dari Polsek Ngantang dan Koramil bersama masyarakat gotong royong melakukan evaluasi longsoran tanah di jalan raya.

MALANG (surabayapost.id) – Tim reaksi cepat dari tim Polisi Sektor (Polsek) Ngantang, mengambil langkah taktis. Mereka langsung menangani longsor yang mengakibatkan tiang listrik tumbang di Dusun Maron, Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jumat (20/3/2020).

Langkah tersebut memang patut diapresiasi. Pasalnya setelah kejadian tersebut,dengan gerak cepatnya pihak kepolisian setelah mendapat informasi dari warga, langsung menuju ke lokasi.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu warga desa setempat Husein, Kamis (19/3/2020). Menurut Husein pada saat kejadian tersebut sempat mengganggu aktivitas pengguna jalan.

“Namun dengan waktu singkat dari kepolisian Polsek serta dari anggota TNI Danramil Ngantang, langsung mengevakuasi dengan membawa alat berat berupa bego,” kata Husein.

Sementara itu, Kapolsek Pujon AKP Suyatno Ssos yang disampaikan Kasi Humas Polsek Ngantang Aipda AKH Syaifurrizal membenarkan kejadian tersebut.

” Adanya hujan deras seharian mengakibatkan longsor.Untuk itu Kepolisian bersama TNI dan Masyarakat langsung meminimalisir kejadian tersebut,” kata Rizal.

Menurut Rizal, Kapolsek dengan sigap mengambil langkah segera menghubungi operator alat berat/bego. Lalu menghubungi tim evakuasi bencana yang selama ini selalu standby di Koramil Ngantang.

Pada Pukul 15,10 Wib tim yang dipimpin langsung Kapolsek Ngantang AKP Suyatno di lokasi melakukan evakuasi. Mereka bahu membahu mengevakuasi tanah longsor dan tiang listrik yang roboh di tengah jalan dan menghalangi jalan protokol jurusan Malang dan Kediri.

Selanjutnya tandas dia, dalam evakuasi tersebut,menurutnya ada beberapa kendala yang mereka alami, yakni tiang listrik yang roboh masih teraliri setrum.

“Sehingga Kapolsek Ngantang langsung menghubungi Kantor PLN Ngantang dan tak lama kemudian pihak PLN Ngantang,setelah tiba di lokasi mereka langsung mengevakuasi tiang listrik yang masih teraliri aliran listrik,”ujarnya.

Meski begitu ujar dia, dalam evakuasinya tanah longsor yang berlangsung selama 2 jam itu. Menurutnya arus lalu lintas relatif lancar.Darisebab itu Rizal menghimbau bagi pengguna jalan diharap berhati hati. Apalagi pada saat hujan turun.

“Jaga keselamatan dan waspada terhadap sisi kanan kiri jalan yang dominan dengan tebing – tebing,” pungkasnya (Gus)