MBOIS Jadi Layanan Edukasi Kesehatan RSUD Kota Malang

10 November 2021 - 14:07 WIB
Wali Kota Sutiaji bersama isteri dan Wawali Sofyan Edi Jarwoko beserta istri saat berkunjung di RSUD Kota Malang

MALANG (SurabayaPost.id) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang meraih juara dua Apresiasi Pengaduan Publik Terbaik (APIK) 2021 pada Awarding Day di Hotel Savana Kota Malang, Selasa (9/11/2021). RSUD Kota Malang meraih juara dua Kategori Tata Kelola Pengaduan yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang.

Direktur RSUD Kota Malang dr. Rina Istarowati mengatakan, bahwa RSUD Kota Malang telah menggemakan semangat literasi digital. Selain itu, RSUD juga telah memanfaatkan media sosial dan website sebagai media informasi pelayanan informasi publik.

“Kami sadar, kemajuan teknologi atau era digital tidak bisa dihindari dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Kalau dulu layanan atau layanan informasi, serta sosialisasi dan edukasi tentang kesehatan harus dilakukan secara konvensional, harus bertemu langsung. Namun kini bisa dilakukan dengan ragam cara,” ujar dr. Rina, Rabu (10/11/2021).

Pengaduan ini, kata dia, lebih dikuatkan pada saat pandemi Covid-19. Hal itu yang mendasari RSUD Kota Malang melakukan optimalisasi pemanfaatan digital. Pihaknya gencar melakukan kampanye hidup sehat melalui berbagai platform media sosial. Salah satunya diberi tajuk ‘Mari Bincang bincang On Instagram Sehat (MBOIS).’

“Kami lakukan secara live streaming, dengan berbagai tema tentang kesehatan. Ini juga jadi wadah dokter untuk berkampanye sekaligus berinteraksi dengan warga,” tutur dr. Rina.

Ditambahkan dr. Rina, bahwa yang dilakukan juga untuk mengenalkan dan mendekatkan RSUD Kota Malang dengan warga. Karena RSUD Kota Malang memang lokasinya lumayan jauh dari pusat kota, tepatnya di Kelurahan Bumiayu, Jalan Rajasa Nomor 27.

“Tentu bukan dalam rangka mendorong untuk masuk (inap) di RSUD, tapi warga sekitar pada khususnya bisa memanfaatkan RSUD untuk pemeriksaan rutin, langkah promotif maupun preventif,” imbuh perempuan ramah tersebut.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji merespons positif atas langkah-langkah kreatif dari RSUD Kota Malang. Karena sejatinya, rumah sakit itu adalah tempat memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Saat saya berkunjung dan bertemu dengan para dokter dan para medis di sana, saya tekankan dan titipkan, gencarkan dan utamakan langkah-langkah promotif. Membangun kota sehat tentu akan lebih bermakna bila kesadaran akan pola hidup sehat dan mencegah sebelum sakit,” kata Wali Kota Sutiaji di sela-sela upara Hari Pahlawan di Balai Kota Malang.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S. Sos juga mengapresiasi apa yang dilakukan RSUD Kota Malang. “Ini aktualisasi literasi digital dan pemanfaatan media sosial secara berdaya. Terima kasih untuk RSUD atas kerja kolaboratifnya,” pungkas pria ramah itu. (Lil).