Naik 19%, BI Malang Siapkan  Uang Kartal Rp 1,89 Triliun Jelang Nataru

23 December 2019 - 15:35 WIB
Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi BI Malang Rini Mustikaningsih

MALANG (SurabayaPost.id)  – Demi memenuhi kebutuhan masyarakat pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Bank Indonesia (BI) Malang menyiapkan uang kartal Rp1,89 triliun.  Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi BI Malang Rini Mustikaningsih mengungkapkan hal tersebut, Jumat (20/12/2019).

Rini Mustikaningsih mengatakan uang tunai yang dipersiapkan sebesar itu meningkat sekitar Rp313 miliar atau sekitar 19,8%. Hal itu bila dibandingkan pada periode yang sama 2018.

“Proyeksi ada peningkatan dengan asumsi semakin tingginya kunjungan wisatawan ke Malang bersamaan dengan beroperasi tol Pandaan-Malang,” ujarnya di Malang, 

Pada periode Nataru, BI Malang menyediakan uang pecahan besar (UPB) dan uang pecahan kecil (UPK) masing-masing sebesar Rp1,87 triliun dan Rp18,79 miliar. Penyediaan UPK lebih kecil karena kebutuhan Natal tidak sama dengan Lebaran yang budayanya berbagi UPK. Pada Lebaran lalu, penyediaan UPK mencapai Rp500 miliar.

“Sampai dengan 20 Desember 2019, penyerapan dana untuk Nataru sudah mencapai Rp633 miliar,” ucapnya.

BI mengantisipasi kebutuhan uang tunai dan kegiatan transaksi sistem pembayaran menjelang Nataru dengan mempersiapkan layanan kas, baik melalui jaringan kantor BI maupun jaringan perbankan, dan infrastruktur sistem pembayaran nontunai yang lancar dan terjaga.

Secara nasional, BI menyiapkan uang tunai sebesar Rp 105,0 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seluruh Indonesia jelang Natal dan akhir tahun 2019. (aji)