PAN Optimis Raih Kursi DPR RI di Pileg 2019 Lewat Malang Raya 

30 April 2019 - 16:14 WIB
Kader PAN, Totok Daryanto yang diyakini bakal lolos lagi ke Senayan lewat Pileg 2019 dari Dapil Malang Raya.
Kader PAN, Totok Daryanto yang diyakini bakal lolos lagi ke Senayan lewat Pileg 2019 dari Dapil Malang Raya.

MALANG  (SurabayaPost.id)  – Partai Amanat Nasional (PAN) optimistis  bakal kembali meloloskan kadernya untuk DPR RI dari  Dapil V Jawa Timur (Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu). Optimisme tersebut disampaikan Bagian Media dan Humas DPD PAN Kota Malang, Muchammad Nasrul Hamzah,  Selasa (30/4/2019).

Dia menjelaskan  bahwa berdasar hasil hitung manual dari data form C1 untuk DPR RI  yang masuk ke DPD PAN Kabupaten Malang, DPD PAN Kota Malang dan DPD PAN Kota Batu, meraih  sekitar 53.058 suara. “Data dari C1 itu yang masuk ke kami sudah 70 persen,” papar dia.

Setelah direkapitulasi tim dari partai, kata dia, data C1 dari saksi yang tersebar di tiga wilayah itu ternyata mencapai 53 suara.

Itu berarti, lanjut pria yang akrab disapa Hamzah ini, PAN sangat berpeluang besar kembali meloloskan kadernya ke Senayan pada Pemilu tahun ini.

Berdasarkan hasil penghitungan itu, terang dia, nama Totok Daryanto, menempati urutan tertinggi. Sehingga Totok  berpeluang kembali menjadi Anggota DPR RI Periode 2019-2024.

Sebagaimana diketahui, Totok Daryanto pada Pemilu 2014 lolos ke Senayan lewat  Dapil V (Malang Raya) Jawa Timur. Sedangkan untuk Pileg 2019 ini, menurut Hamzah, suara tertinggi untuk Caleg dari PAN masih dipegang Totok Daryanto.

Makanya, kata dia, dengan hasil penghitungan sementara, partai sangat optimis akan kembali menempatkan kader terbaiknya untuk mewakili masyarakat Malang Raya di DPR RI. Alasannya, karena saat ini PAN sedang berebut untuk mendapatkan kursi ke 6 atau kursi ke 7 dari 8 kursi untuk DPR RI.

“Hasil penghitungan ini sudah kami coba hitung dengan sistem “Saint Leauge” dan PAN berada di antara urutan ke 6 atau ke 7 di Malang Raya. Apalagi sisa suara 30 persen yang belum dihitung di daerah basis PAN,” jelas dia.

Daerah basis PAN itu disebutkan  seperti di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Kecamatan Junrejo, Kota Batu dan beberapa titik lainnya. “Meski begitu  kami tetap menunggu hasil,” tandasnya.

Sementara itu, Perwakilan dari Barisan Muda PAN Kota Malang, Fahmi Andriansyah Katili, menambahkan jika  hasil tersebut merupakan kerja keras seluruh elemen partai dalam meloloskan kader terbaiknya menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Malang Raya. “Ini adalah hasil kerja seluruh tim dari DPD PAN Kabupaten, Kota Malang dan Kabupaten Malang. Semoga hasil resmi KPU nanti tidak jauh berbeda dengan hasil penghitungan manual yang sudah dilakukan tim partai dari tiga wilayah,” kata Fahmi. (aii)