Para Cakades Lakukan Deklarasi Damai

1 October 2019 - 13:11 WIB
Para Cakades lakukan deklarasi damai di Balaikota Among Tani

BATU (Surabayapost.id) –  Pemerintah Kota Batu melalui Panitia Penyelenggara dan Pengawas Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tingkat Kota Batu menggelar deklarasi damai Pilkades Kota Batu,2019, yang dihelat di Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani Pemkot Batu, Senin ( 30/9/2019).

Hadir dalam giat deklarasi damai yang digagas Pemkot Batu tersebut,  Wali Kota Batu Dra, Hj, Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Ir, H, Punjul Santoso, Pimpinan dan Wakil sementara DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo dan Nurochman,serta  Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Kajari Batu Sri Heny Alamsari, Danramil Batu yang mewakili Dandim 0818 Batu – Malang, Sekda Batu Drs.Zadim Effisiensi beserta Asisten dan Kepala OPD Kota Batu, Camat, Kepala Desa/Lurah se- Kota Batu, Panitia pilkades dari 11 desa serta para  Calon Kepala Desa dari 11 Desa di Kota Batu.

Dalam prosesi deklarasi damai yangdimaksut, setiap calon kepala desa (Cakades)  melakukan tanda tangan bersama yang disaksikan oleh Walikota Batu, Dewanti Rumpoko bersama Forkompinda Kota Batu.

Dikesempatan itu, Dewanti Rumpoko, menyampaikan dalam Pilkades tersebut tidak ada Cakades yang tidak baik.Menurutnya,semua mempunyai kelebihan masing – masing.

“Kami melakukan kegiatan silaturahmin ke Cakades ini, ingin tahu keluarganya dan saya merasa senang dan bangga karena masyarakat Kota Batu sudah banyak yang makmur,” kata Dewanti Rumpoko.

Dengan demikian, lanjut dia, kalau melihat situasi dan kondisi desanya, bahkan rumahnya terutama rumah para Cakades, menurutnya sudah tertata rapi dan bersih, dari sebab itu.

“Saya berharap dengan calon – calon yang punya kredibel yang bagus ini,kami mendoakan yang terbaik. Diantara yang paling baik yang akan menjadi Kepala Desa dimasing – masing desa,” harapnya. Alasannya, kata dia, di desa – desa tersebut, sedang mengelola uang yang tidak sedikit.

” Di Kota Batu ini mengelola dana desa minimal Rp 4,5 – 8 miliar, ketika Kades itu tidak punya manajemen kredibel,maka akhirnya dana yang banyak itu akan menjadi sia – sia dan tidak mempunyai manfaat yang baik,” tandasnya.

Meski begitu, Dewanti Rumoko  meyakini dengan niat dan kredibiltas uar biasa semuanya bakal bisa terkendali.  “Saya mohon kepada panitia Pilkades agar  bertugas dengan sebaik baiknya dan harus netral dan profesional , serta bertugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu, tegas dia, juga memohon kepada beberapa Kades  disekitar yang tidak ikut Pilkades. ” Untuk menjaga keamanan,agar Pilkades berjalan dengan baik dan nantinya yang terpilih adalah yang paling baik diantara yang terbaik,” pungkasnya ( Gus ).