Peringati HUT Bhayangkara, Kapolres Makota Ikut Donor Darah

19 June 2019 - 09:05 WIB
Kapolres Makota AKBP Asfuri saat mendonorkan darahnya.
Kapolres Makota AKBP Asfuri saat mendonorkan darahnya.

MALANG  (SurabayaPost.id) –  Polres Malang Kota (Makota) melalui Urkes Bag Sumda menggelar donor darah, Selasa (18/6/2019). Donor darah yang digelar di di Aula Sanika Satyawada Polres Makota itu merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT Bhayangkara ke-73.

Hal itu diakui Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, Rabu (19/6/2019). Dia mengatakan donor darah itu merupakan aksi bakti sosial untuk memperingati HUT Bhayangkara.

“Tujuan kegiatan donor darah itu untuk  membantu masyarakat yang memerlukan. Ya biar  kita bisa berbagi di Hari Ulang Tahun Bhayangkara  ini,” kata dia.

Anggota TNI saat antri untuk donor darah

Untuk itu dia bekerja sama dengan PMI Kota Malang. Sehingga melalui aksi bakti sosial tersebut bisa  mengisi ketersediaan darah khususnya di Kota Malang.

“Harapannya ya semoga kaksi sosial yang merupakan kepedulian kita semua itu bisa  meningkatan kesehatan yang membutuhkan. Sebab, yang butuh itu betul-betul menunggu,” jelas dia.

Makanya terang dia, solidaritas yang tinggi dalam hal berbagi demi  menolong sesama sangat penting. “Sebab setetes darah itu bisa menyelamatkan nyawa  yang membutuhkan,” tuturnya.

Makanya dia merasa lega dan bangga. Alasannya, ratusan orang  mendonorkan darahnya dalam bakti sosial itu.

Anggota polisi dan TNI AU kala mendonorkan darahnya.

Di antara mereka dari unsur Polri, TNI, Aparatur Sipil Negara  (ASN), Forkopimda dan lain sebagainya. Jumlahnya mencapai sekitar 165 orang.

Meski begitu, jumlah darah yang diambil sekitar 100 pendonor. Sebanyak 16 orang tertunda pelaksanaan pendonorannya. Sebab Hb dan tensinya dinilai tidak memenuhi syarat.

Yang menarik, Kapolres Makota AKBP Asfuri mengawali pelaksanaan donor darah itu. Dia mendonorkan darahnya dengan suka rela.

Setelah itu diikuti para anggota Polres, TNI Angkatan Darat (AD) dan TNI Angkatan Udara  (AU). Lalu para ASN dan masyarakat umum. (lil)