Pileg dan Pilpres di Kota Batu Diyakini Tak Ada Kendala

17 April 2019 - 18:31 WIB
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto bersama Wawali Punjul Santoso
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto bersama Wawali Punjul Santoso

BATU (SurabayaPost.id) – Pesta demokrasi Pilpres maupun pileg di Kota Batu secara prinsip diyakini  tidak akan ada kendala di setiap TPS. Hal tersebut diyakini Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Rabu (17/4/2019).

Menurutnya baru keliling di tiga Kecamatan yang tersebar di Kota Batu bersama Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto.

Meski begitu, Punjul Santoso mengaku di salah satu TPS di Kelurahan Sisir ada yang kurang paham mekanismenya.

“Setelah kami cek ke beberapa TPS di tiga Kecamatan tidak ada kendala di Kota Batu.  Hanya saja, hasil dari  TPS 20 Kelurahan Sisir, KPPS kurang faham mekanisme hingga pencoblosannya sampai antri berjam-jam bahkan saya sendiri antri 1 jam,” kata Punjul Santoso.

Dengan begitu, menurut politisi dari partai PDIP ini, mengaku telah menghubungi KPU dan salah satu komisionernya mendatangi TPS untuk memberikan arahan kepada petugas KPP agar bisa lebih cermat dan cepat.

Dengan begitu, Punjul Santoso,mengaku dari hasil kelilingnya di setiap TPS, terdapat kendala di  TPS 22 menurutnya ada salah satu warga yang berbuat ulah, menyerukan dari salah satu Calon tertentu dengan berteriak teriak di lokasi TPS.

“Dari salah satu warga tersebut dengan sengaja ngisruh jalannya pesta demokrasi ini. Dia menyerukan dengan ajakan memilih dari salah satu Calon tertentu,” kata Punjul Santoso tanpa menjelaskan ajakan orang tersebut ke Calon Legislatif atau Capres dan Cawapres.

Untuk itu, menurut Punjul Santoso, orang yang sengaja membuat onar tersebut sudah diamankan oleh Polres Batu.

“Secara keseluruhan aman lancar tidak ada kendala.Berarti tingkat partisipasi masyarakat Batu tinggi mencapai 80 persen. Dan mudah-mudahan bisa merata di seluruh TPS di Batu. Demi menyemarakkan pesta demokrasi memilih pemilih yang baik,” harapnya.

Oleh karena itu, Pemda berharap supaya lebih baik dari tahun sebelumnya. Semua itu bisa kompak segala lembaga demi mendukung Pemilu 2019 ini. (gus)