PIP Gelar “UMi Ramadhan Fair 2022”

16 April 2022 - 16:33 WIB
Produk unggulan Usaha Ultra Mikro debitur UMi digelaran UMi Ramadhan Fair 2022
Produk unggulan Usaha Ultra Mikro debitur UMi digelaran UMi Ramadhan Fair 2022

Jakarta (SurabayaPost.id) – Pemerintah terus mendorong upaya pemulihan ekonomi, khususnya di sektor usaha mikro dan kecil (UMK). Bertepatan dengan moment bulan suci Ramadan 1443 Hijriah, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) berkomitmen untuk terus mendukung ekosistem bagi para pelaku UMK serta memfasilitasi kebutuhan pembiayaan bagi masyarakat pelaku usaha.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia telah mendukung pemberian akses permodalan dan pemberdayaan UMKM khususnya kepada para pelaku usaha perempuan. Bentuk dukungan tersebut berupa Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang dilakukan oleh BLU Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP).

Selain memberikan pembiayaan, juga memberikan dukungan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku usaha ultra mikro termasuk pelaku usaha perempuan. Dukungan pelatihan dan pendampingan, antara lain pendampingan pengurusan legalitas usaha, peningkatan kapasitas usaha, serta digitalisasi (penyaluran menggunakan uang elektronik, pemasaran melalui sarana on-line).

“Bertepatan di bulan Ramadan, PIP menyelenggarakan kegiatan “UMi Ramadhan Fair” dengan berkolaborasi dengan dua event yang ada di Jakarta, Bazar Ramadhan Fair di Lapangan Banteng yang diselenggarakan Pemda DKI Jakarta pada tanggal 11 – 20 April 2022, dan Istiqlal Halal Expo 2022 yang diselenggarakan Badan Pengelola Masjid Istiqlal pada tanggal 15 – 24 April 2022,” kata Direktur PIP Mohd Zeki Arifudin dalam rilisnya.

Produk unggulan Usaha Ultra Mikro debitur UMi digelaran UMi Ramadhan Fair 2022
Produk unggulan Usaha Ultra Mikro debitur UMi digelaran UMi Ramadhan Fair 2022

Menurutnya, konsep kegiatan “UMi Ramadhan Fair” menyediakan informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pembiayaan UMi di Booth Pembiayaan UMi. Juga ada layanan konsultasi dan edukasi layanan legalitas usaha, perpajakan, dan ekspor.

Kegiatan ini, kata dia, akan bekerjasama dengan unit-unit Kementerian Keuangan antara lain Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Pajak, Ditjen Bea & Cukai, dan Ditjen Kekayaan Negara, serta lembaga lain seperti BKPM, PNM, dan Pegadaian.
Juga booth promosi produk dari Debitur UMi pada zona Bazaar Murah yang mencakup jenis produk kuliner, kriya atau kerajinan, dan produk fashion.

“Ada juga talkshow yang digelar. Di Lapangan Banteng dengan tema “Muda Berwirausaha : From Job Seeker to Job Creator ” yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 18 April pukul 16.00. Di Masjid Istiqlal dengan tema “Tips Mengelola Keuangan dan Mengembangkan Usaha”, yang akan diselenggarakan pada hari Selasa, 19 April 2022, pukul 15.45,” terangnya.

Dirinya menambahkan, Coaching Clinic On Boarding UMKM juga diberikan untuk edukasi kepada pelaku UMKM untuk dapat mengakses pemasaran e-marketing bekerjasama dengan platfom Grab Indonesia dan Choop. Cooking class dan art class berupa patchwork (membuat dompet dari kain perca) dan quilting (merajut tas).

Dia berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berlapis, antara lain mendorong efektivitas peningkatan ekosistem produk, mengenalkan lebih dalam akan produk-produk UMK yang berkualitas. “Sekaligus juga memberikan impresi yang positif bagi masyarakat akan hadirnya peran pemerintah dalam mendukung dan mendorong pengembangan kapasitas para pelaku usaha di lapisan ultra mikro, mikro dan kecil,” pungkasnya. (lil)