PSU di Tiga TPS Berlangsung Aman dan Lancar

25 April 2019 - 18:25 WIB
Rekapitulasi penghitungan suara hasil PSU di TPS 09 Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

MALANG (SurabayaPost.id) – Tiga TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Kota Malang, Jawa Timur melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) serentak, Kamis (25/4/2019). Pemungutan suara tersebut  berlangsung hingga pukul 13.00 WIB.

Diantara tiga TPS itu yaitu  TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen; TPS 09 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing. Selain itu   TPS 14 Kelurahan Penanggungan. Kecamatan Klojen.

Di TPS 09, Kelurahan Bunulrejo, untuk pemungutan suara ulang untuk 3 pemilihan  DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kota. Sementara di Klojen berlangsung pemilihan presiden saja. Sedangkan di TPS 17,  PSU Kota Malang dilakukan pemilihan DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan Pemilihan Presiden.

Usai pencoblosan dilanjutkan dengan rekapitulasi penghitungan suara. Ketua KPU Kota Malang Zaenudin mengatakan tahapan PSU tidak memiliki perbedaan dengan Pemilu 2019 pada 17 April lalu. Karena itu, ia berharap ini membuat masyarakat dapat tetap antusias menyalurkan hak pilihnya meski hari ini tidak diliburkan.

“Kami menjamin dan memastikan pelaksanaan PSU di 3 TPS di Kota Malang akan berjalan aman, lancar, damai, dan kondusif. Karena kami telah melibatkan berbagai macam pihak,” kata Zaenudin.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri kala memberikan keterangan kepada awak media bersama Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson.

Zaenudin bersama dengan Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, serta komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang sempat meninjau langsung lokasi PSU di Kota Malang. Berdasarkan pantauan, pelaksanaan PSU tidak mengalami kendala yang berarti.

“Setelah pencoblosan dan penghitungan, hasil langsung dikirim ke PPK. Di sana akan langsung diinput ke dalam rekapitulasi di tingkat PPK. Jadi nanti target rekapitulasi di PPK bisa selesai semua sesuai jadwal,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri mengatakan bahwa selama pantaun pelaksanaan PSU bersama Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta KPU, Bawaslu, Camat Blimbing Muarif dan Kapolsek Blimbing Kompol Tri Susanto serta Danramil Blimbing Lettu Hadi SP semua berjalan aman dan lancar.

“Di TPS Bunulrejo ini, data yang masuk sebanyak 131 pemilih. Tingkat kehadiran menurun dibandingkan dengan 17 April lalu, yakni sebesar 170 pemilih,” tutur Asfuri kala memberikan keterangan kepada awak media bersama Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson.

Namun ditinjau dari pelaksanaan secara menyeluruh, semua berjalan dengan baik, aman dan lancar. (Lil)