Raih Akreditasi A, Civitas Akademika Polinema Gelar Syukuran

19 January 2019 - 20:19 WIB
Direktur Polinema Awan Setyawan
Direktur Polinema Awan Setyawan.

MALANG (SurabayaPost.id) – Politeknik Negeri Malang (Polinema) berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Untuk itu, civitas akademika Polinema menggelar syukuran di Graha Polinema, Sabtu (19/1/2019).

Akreditasi itu diperoleh Polinema pada 19 Desember 2018. Itu berarti Polinema masuk dalam lima politeknik yang terakreditasi A di seluruh Indonesia.

Saat ini Polinema sejajar dengan Pens, Polban, Polines, yang sudah lebih dahulu mendapatkan akreditasi unggul. Selain itu Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya-PPNS.

Direktur Polinema, Awan Setyawan mengatakan bila Polinema meraih poin tinggi yakni 367. Poin tinggi itu berdasarkan penilaian yang diambil asesor beberapa waktu lalu. Pada 20 Mei 2016 Polinema terakreditasi B dengan nilai 340.

Makanya, kata dia, Polinema terpacu untuk memberikan pelayanan serta meningkatkan kredibilitas di bidang akademik. Awan juga berharap prestasi itu bisa membuat Polinema menjadi kampus unggul di tingkat nasional dan internasional.

“Akreditasi ini menambah sejarah penting bagi Polinema. Ini juga merupakan sebuah anugerah yang patut kita syukuri sebagai sebuah capaian yang sangat membanggakan,” ujar Awan.

Untuk itu, Direktur Pembinaan dan Kelembagaan Kemenristekdikti Totok Prasetyo memberikan selamat kepada Polinema. Totok juga berpesan, setelah mendapat akreditasi A, pelayanan di Polinema juga harus A.

Selain itu, capaian-capaian akademik, baik dosen maupun mahasiswa, kata dia, juga harus mencerminkan sebagai perguruan tinggi yang terakreditasi A. “Kalau sudah A, semua aktivitasnya harus A. Peningkatan budaya mutu juga harus A,” kata Totok.

Menurut dia, dari 4.226 perguruan tinggi di Indonesia, yang sudah terakreditasi A di BAN-PT hanya sekitar 85 perguruan tinggi. Di dalamnya termasuk Polinema. “Jadi, Polinema telah masuk sebagai perguruan tinggi yang paling berkualitas,” katanya.

Karena itu dia mengingatkan agar prestasi itu harus tetap ditingkatkan. Sehingga bisa bersaing secara global dan siap menghadapi perubahan. (lil)